Pengertian Cloud Hosting dan Manfaatnya

0
209

Cloud hosting / hosting awan telah semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Jika Anda telah mencari opsi hosting di banyak penyedia, Anda pasti akan menemukan cloud tersebut, dan mungkin akan memiliki banyak pertanyaan tentang cloud host. Cloud adalah konsep yang telah digunakan di banyak bidang teknologi, dan sekarang ini juga digunakan di area hosting.

Di artikel ini kami akan membahas :

  • apa itu hosting awan dan bagaimana cara kerjanya
  • mengapa Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan hosting awan untuk meng-host situs web Anda sendiri
  • website jenis apa saya yang bisa dibuat di hosting awan.
  • Apakah IaaS, PaaS, dan SaaS bersanding dengan hosting awan?
  • Masa depan hosting awan

Memahami Cloud Hosting

Ketika anda melihat ke cloud tidak ada hal fisik yang dapat Anda tunjuk atau label bahwa itu adalah cloud. Sama seperti dengan cloud host tidak ada server fisik tunggal yang dapat Anda tunjuk dan katakan bahwa, “itu adalah cloud hosting.” Sebaliknya, ini adalah cara menyimpan data di beberapa komputer dan mengakses data tersebut melalui koneksi jaringan seperti internet. Secara keseluruhan, cloud berperilaku seperti komputer fisik tunggal, dengan pemrosesan cepat dan ruang penyimpanan yang tak terbatas. Layanan berbasis cloud yang pada umumnya menggunakan proses serupa adalah penyedia penyimpanan cloud seperti Dropbox dan Google Docs. Ide dasar dari penskalaan, penyimpanan, dan akses sumber daya tetap sama ketika diperluas ke hosting cloud juga.

Apa Itu Cloud Hosting ?

pengertian hosting awan dan manfaatnya

idwebhost

Cloud host merupakan bagaimana cara Anda mengonfigurasi server, bukan sesuatu yang nyata, tetapi dengan itu disebut hosting “cloud” yang mungkin adalah apa yang Anda harapkan. Pada konfigurasi server yang khas, Anda terbatas pada kendala fisik dari server tempat situs Anda di hosting. Dengan cloud host, Anda bergantung pada konfigurasi server unik yang memungkinkan Anda menarik dari berbagai server, yang menghasilkan solusi hosting yang terjangkau yang juga dapat ditingkatkan skalanya dan sangat andal.

Definisi hosting cloud paling sederhana bisa berupa jaringan server virtual yang memasuki jaringan server fisik yang mendasarinya. Sejauh mana Anda memasuki jaringan ini tergantung pada kebutuhan sebenarnya dari situs web dan dapat ditingkatkan atau diturunkan sesuai. Pada tingkat teknis, sumber daya yang diperlukan untuk situs web Anda berfungsi tersebar di beberapa server jarak jauh dan sumber daya ini disadap karena diperlukan. Karena situs web Anda tidak mengandalkan satu server, tetapi sebagai jaringan server, jaringan server ini disebut sebagai cloud.

Bagaimana Cara Kerja Hosting Awan ?

Cara termudah untuk mengetahui cara kerja cloud tersebut adalah membandingkannya dengan model server fisik tunggal. Dengan hosting fisik, Anda memiliki satu server yang berisi semua file situs web Anda. Ketika seorang pengguna mengunjungi situs web Anda, file-file ini kemudian dari server fisik tunggal tersebut. Bandingkan ini dengan penyimpanan cloud host tempat sumber daya situs Anda dapat diskala dari berbagai sumber server virtual yang berbeda. Inti dari pengaturan cloud host adalah jaringan server fisik, dengan server virtual yang berjalan di atasnya. Dengan pengaturan ini Anda dapat menarik dari sumber daya server yang hampir tak terbatas dan menskala situs Anda seiring dengan meningkatnya kebutuhan Anda.

Mengapa Saya Memilih Hosting Awan ?

Mengapa Anda Memilih Hosting Awan?

Apakah Anda telah memutuskan untuk menggunakan cloud host sesuai pada kebutuhan situs Anda ? Jika situs Anda berkembang pesat dan Anda memerlukan sebuah hosting yang dapat berkembang dengan situs Anda dan secara otomatis akan menyesuaikan dengan meningkatnya pengunjung website anda, maka cloud host bisa menjadi pilihan yang bagus. Berikut adalah beberapa manfaat utama yang dapat disediakan oleh hosting awan :

  • Server cloud akan memberi Anda keamanan dan stabilitas yang luar biasa. Sebagian besar, ini dikarenakan kerahasiaan lokasi fisik server cloud di mana setup server cloud berjalan. Kedua, jika salah satu server fisik bermasalah, Anda dapat mengandalkan server lain yang berjalan dengan baik.
  • Server cloud juga menawarkan kecepatan dan kinerja yang luar biasa. Saat Anda menjalankan situs dari server fisik, satu-satunya lokasi tempat file situs Anda dapat diakses adalah dari lokasi server yang tepat. Dengan server cloud, situs web Anda dapat diakses dari beberapa lokasi, yang terdekat dari lokasi fisik sebenarnya maka loading website menjadi lebih cepat.
  • Cloud host dapat menjadi sangat terukur. Upgrade ruang penyimpanan Anda adalah proses yang sangat mudah dan dapat dilakukan dari berbagai server. Anda tidak dibatasi oleh kendala perangkat keras dari satu lokasi server fisik.

Website Jenis Apa Yang Bisa Dibuat di Cloud Hosting?

kelebihan cloud hosting

idwebhost

Jenis website yang bisa menggunakan cloud host sama beragamnya dengan yang memakai hosting fisik. Hanya saja, di kasus tertentu, cloud tersebut lebih unggul dan banyak digunakan. Jika suatu website membawa misi penting, di mana perusahaan tertentu seolah-olah tak bisa ‘hidup’ tanpa website, maka cloud host adalah pilihan tepat. Layanan ini bahkan banyak dipilih oleh banyak toko e-commerce, situs lead generation, website profil perusahaan, dan berbagai proyek dengan trafik tinggi.

Pada saat bersamaan, cloud host memberikan anda kemudahan dalam hal scaling apabila Anda menginginkan kemampuan tambahan. Hal ini tentu saja akan menjadi salah satu keunggulan yang dapat dimanfaatkan oleh suatu agensi berita dan perusahaan penerbitan yang menginginkan peningkatan trafik pengunjung atau klik dalam jumlah besar pada postingan yang mereka telah terbitkan.

Apakah IaaS, PaaS, dan SaaS Bersanding Dengan Cloud Hosting?

IaaS, PaaS, dan SaaS bersanding dengan cloud host karena sama-sama menggunakan infrastruktur cloud untuk mengirimkan layanan data mereka,

Berikut Pengertian IaaS, PaaS, dan SaaS dan Fungsinya

  • IaaS adalah singkatan dari “infrastructure as a service” dan mengacu kepada model bisnis terbaru untuk perusahaan hosting. Proses ini melibatkan penawaran mesin virtual lalu memproses power melalui arsitektur cloud. Alih-alih untuk menyewa infrastruktur fisik, orang-orang bisa membeli resource yang sesuai dengan kebutuhannya.
  • PaaS adalah singkatan dari “platform as a service”. Pilihan ini biasanya digunakan untuk menyediakan framework bagi developer untuk dirancang. Dari sudut pandang developer, solusi PaaS begitu populer karena pilihan ini mengurangi waktu proses ke market dan fleksibilitas yang lebih besar.
  • SaaS adalah singkatan dari “software as a service”. Istilah ini digunakan pada saat perusahaan memanfaatkan sistem cloud untuk mengirimkan software untuk antarmuka ke user mereka, pada umumnya melalui web browser atau aplikasi mobile. Contoh dari produk SaaS seperti Google Docs.

Masa Depan Cloud Hosting

cloud hosting terpopuler

idwebhost

Komputasi awan atau bahasa kerennya cloud computing, pada umumnya, semakin penting dan dibutuhkan oleh masyarakat urban saat ini. Teknologi ini mampu membawa dan mengarahkan website industri dan bisnis anda semakin dikenal di internet. Meski porsinya tidak terlalu besar, web hosting menjadi jalan pintas yang bagus bagi cloud.

Salah satu pertimbangan terakhir dalam menentukan apakah cloud hosting tepat untuk Anda adalah harga untuk layanannya. Dengan sebagian besar hosting cloud, Anda hanya akan membayar pada apa yang Anda gunakan. Sumber daya server cloud tambahan akan tersedia ketika lonjakan traffic website anda terjadi, tetapi Anda tidak akan membayar untuk sumber daya server yang tidak digunakan.

Kesimpulan

Hosting awan adalah pilihan yang tepat jika menginginkan resource tak terbatas, bahkan lebih baik jika dibandingkan dengan shared hosting serta server virtual lainnya. Mudah-mudahan, dengan adanya artikel ini dapat membantu anda untuk memahami lebih baik tentang hosting server cloud, teknologi di belakangnya, dan bagaimana hal itu dapat bermanfaat bagi situs web Anda sendiri.