Tips Tepat Waktu Menyelesaikan Tugas Akhir

0
109
Tips Tepat Waktu Menyelesaikan Tugas Akhir
Tips Tepat Waktu Menyelesaikan Tugas Akhir

Melanjutkan kuliah ke IPB (Institut Pertanian Bogor) tentunya bukan perkara yang mudah, mengingat perguruan tinggi yang satu ini termasuk idola dan memiliki grade yang tinggi, perlu usaha yang benar-benar keras untuk bisa tembus dalam seleksi masuknya. Nah setelah masuk tentunya bukan perkara yang mudah juga menyelesaikan jenjang pendidikan S1. Banyak yang mengatakan jika masuk dan keluar dari IPB sama sulitnya, namun setara dengan lulusan yang di dapatkan.

Institut Pertanian Bogor memang sudah terbukti mencetak generasi-generasi unggulan, cukup banyak tokoh terkenal Indonesia yang ternyata lulusan dari perguruan tinggi negeri yang satu ini, diantaranya adalah Susilo Bambang Yudhoyono yang merupakan mantan presiden RI. Lalu sebenarnya bagaimana agar kita bisa lulus kuliah tepat waktu. Salah satu perkara yang menghadang terkadang adalah tugas akhir atau skripsi, bukan proses sulit atau bagaimana melainkan terkadang banyak yang menyepelekan dan terkesan santai sehingga tak kunjung lulus. Nah agar tugas akhir kamu selesai tepat waktu berikut ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan, yaitu :

  1. Membuat agenda, susun jadwal dari hari perhari hingga dimana waktu kamu bisa langsung melakukan sidang, mungkin tak semuanya sesuai dengan rencana, namun pastinya kamu memiliki keinginan yang tersusun dengan rapi.
  2. Sediakan waktu beberapa jam perhari untuk mengerjakan tugas akhir ini, meskipun pada saat itu Anda belum melakukan konsultasi, namun tak ada salahnya untuk terus memikirkan rancangan kedepannya.
  3. Akan lebih baik menjauhkan diri sejenak dari smartphone dan media sosial, penyakit kaum muda saat ini adalah ketika ada smartphone pastinya sudah lupa mengerjakan tugas mereka, untuk itu tak ada salahnya menyingkirkan sejenak perangkat elektronik tersebut.
  4. Bimbingan ke dosen secara rajin, meskipun tak pada jadwalnya namun jika ada kesempatan dan dosen tengah luang waktu tak ada salahnya bertanya mengenai tugas Anda meskipun hanya sebentar.
  5. Capek, maka luang waktu untuk rehat sejenak.

Tak hanya bermanfaat bagi kamu yang tengah menjalankan tugas akhir di IPB (Institut Pertanian Bogor) melainkan kampus manapun.

Tinggalkan Balasan