Tips Perencanaan Keuangan Keluarga Muda: WAJIB BACA!

0
28
Apa Saja Tips Perencanaan Keuangan Keluarga Muda

Salah satu keresahan yang pasti akan dialami oleh pasangan yang baru menikah adalah mengenai bagaimana cara mengatur keuangan keluarga. Sebelumnya hanya keuangan sendiri yang diatur, setelah menikah keadan sudah berbeda. Anda tidak bisa seenaknya sendiri menggunakan uang sekalipun itu hasil jerih payah anda sendiri. Maka Tips Perencanaan Keuangan Keluarga Muda wajib anda ketahui. Keterbukaan dengan pasangan dalam berbagai hal, terutama masalah keuangan harus dilakukakan. Kalau kedua belah pihak saling terbuka, maka akan lebih mudah dalam melakukan kerja sama untuk mengatur keuangan.

Tips Perencanaan Keuangan Keluarga Muda

Apabila keterbukaan dan kerja sama sudah saling diberikan, selanjutnya anda harus melakukan beberapa hal penting dalam mengatur keuangan keluarga seperti berikut ini:

  • Membuat rekapan kebutuhan

Buatlah rekapan kebutuhan anda dalam satu bulan supaya sesuai dengan penghasilan anda dan pasangan.

  1. Membuat skala prioritas

Dari semua kebutuhan yang telah direkap, buatlah skala prioritasnya dari mulai yang paling penting dulu supaya terhindar dari sikap konsumtif.

  1. Membuat perencanaan anggaran

Mengatur keuangan dalam keluarga juga harus dibuat rencana anggarannya supaya uang yang kalian miliki benar-benar dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan yang penting.

  1. Batasi penggunaan kartu kredit

Anda atau pasangan anda bisa saja tergiur untuk membeli barang yang diinginkan dengan kartu kredit di tangan. Supaya tidak menyeleweng dari anggaran, sebaiknya penggunaan kartu kredit harus dibatasi.

  1. Menabung

Menabung harus dilakukan biarpun sedikit. Anda bisa mencantumkan menabung dalam daftar kebutuhan. Kalau ingin membeli sesuatu yang mendesak gunakan tabungan tersebut. Kalau belum terlalu mendesak, menabunglah dulu atau investasikan uang yang anda miliki supaya bisa cepat bertambah. Jangan berhutang karena hutang akan menjerumuskan anda.

Itulah Tips Perencanaan Keuangan Keluarga Muda yang harus anda lakukan dalam mengatur keuangan. Ketahuilah bahwa berapapun jumlah uang yang keluarga anda miliki, tidak akan cukup jika tidak ada perencanaan yang baik. Rencanakan dan atur keuangan keluarga anda dengan benar dan cermat. Agar pengaturan keuangan berjalan lebih mudah, anda bisa bergabung dengan Dompetku Plus. Dompetku Plus akan menjadi partner terbaik anda untuk merencanakan keuangan keluarga serta mengatasi berbagai permasalahan keuangan. Sekian tips tentang cara mengatur keuangan keluarga.

 

Apa Saja Tips Perencanaan Keuangan Keluarga Muda?

 

Memasuki masa pernikahan adalah masa yang menyenangkan. Dimana kaum perempuan berperan sebagai istri, ibu sekaligus bendahara dalam keluarga sangatlah penting untuk bisa mengelola serta mengatur keuangan keluarga. Agar terhindar dari berbagai masalah.

Seberapapun pengahasilan sang suami dan uang yang di dapat istri ternyata masih ada saja kekurangan uang di akhir bulan. Disini permasalahannya bukan dari seberapa besar uang tersebut tetapi seberapa pintar dan bijak seorang istri dalam mengelola dan mengatur keuangan keluarga. Berikut Tips Perencanaan Keuangan Keluarga Muda:

Apa Saja Tips Perencanaan Keuangan Keluarga Muda

  • Pahami seluruh aspek keuangan anda. Dari mana saja pemasukana dan seberapa banyak pengeluaran wajib yang anda keluarkan. Dengan begitu anda dapat memperkirakan uang yang digunakan.
  • Buatlah perencanaan keuangan. Setelah mengetahui segala sumber keuangan dari pemasukan dan pengeluaran. Buatlah perencanaan keuangan. Akan digunakan untuk apa uang tersebut, serta seberapa banyakkah uang yang akan ditabung. Pastikan sisihkan pula uang untuk anda bersenang-senang dengan keluarga.
  • Menabung. Sisihkan sebagian dari uang yang anda miliki untuk ditabung. Dengan begitu keluarga akan merasa aman apabila di hari mendatang akan ada kebutuhan yang mendadak. Selain itu pula, keuangan keluarga akan lebih stabil.
  • Bedakan antara butuh dan ingin. Terkadang hal yang kita inginkan akan menjadi kebutuhan. Pada dasarnya kebutuhan adalah apa yang benar-benar kita butuhkan untuk saat ini sementara keinginan adalh suatu kebutuhan yang masih bisa di tunda untuk masa datang.
  • Sebisa mungkin kurangi atau bahkan hindari penggunaan kartu kredit. Saat anda pergi berbelanja bawalah uang cash dan letakkan kartu kredit di rumah.
  • Tetapkan target untuk masa depan. Dengan adanya target atau goal untuk masa depan bisa menjadi pemicu anda untuk tetap menabung.
  • Mulai berinvestasi. Anda harus mulai memikirkan kehidupan anda dan keluarga di masa datang. Investasi ini dapat berupa tanah, perhiasan,  saham.

Dalam mengatur keuangan, memang terdengar tidak semudah mengatur keuangan sendiri. Dompetku Plus sebagai jasa konsultasi serta membantu anda dengan cara yang praktis, interaktif serta inspiratif dalam mengelola dan Tips dalam Perencanaan Keuangan Keluarga Muda.

Tinggalkan Balasan