Tips Jitu untuk Bisa Membuka Bisnis Sendiri

0
281

Banyak yang mengatakan bahwa dunia bisnis adalah dunia yang sangat kejam dan tak kenal ampun. Pernyataan tersebut ada benarnya, tapi ada salahnya juga. Dunia bisnis memang tidak memperbolehkan orang yang mudah menyerah untuk ikut bergabung kedalamnya. Didalam dunia bisnis, semua orang memiliki srateginya masing-masing untuk menguasai target pasarnya sendiri-sendiri. Meskipun bisnis merupakan dunia yang sulit untuk diajak berteman (jika Anda belum mengetahui cara jitunya), dunia bisnis tetapi menjadi pilihan yang sangat menarik bagi sebagian besar orang. Ketika berhasil, bisnis mampu mendatangkan banyak keuntungan. Akan tetapi, keuntungan dalam berbisnis sulit untuk digapai jika berangkat dari strategi yang kurang menarik dan kurang kuat. Nah, mari kita belajar tips dan trik untuk memulai bisnis sendiri di tahun 2018 ini.

Tips Jitu Dalam Berbisnis

Bisnis pribadi dapat memberikan Anda keuntungan yang melimpah. Namun, sudah pasti Anda harus berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai titik kesuksesan tersebut, dibutuhkan beberapa tips yang ampuh. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang bisa Anda gunakan untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis:

  • Melakukan analisa jenis usaha

Langkah pertama yang paling penting untuk memulai bisnis adalah penentuan jenis bisnis itu sendiri. Bagaimana cara memilih jenis bisnis? Mudah sekali, Anda hanya perlu melakukan apa yang Anda gemari. Ketika menjalankan bisnis yang sesuai dengan kegemaran Anda, maka hal tersebut dapat membantu Anda untuk lebih mudah membuat strategi, karena paling tidak Anda sudah memiliki pengalaman dengan hal yang digemari tersebut, sehingga mampu memikirkan teknik pemasaran yang paling tepat.

  • Menyusun konsep usaha

Langkah yang kedua adalah melakukan penyusunan yang sesuai dengan rencana Anda (business plan). Setiap usaha membutuhkan konsep rencana agar semuanya berjalan dengan lancar. Penyusunan konsep dimulai dari jenis usaha yang sudah dibicarakan sebelumnya, lalu banyaknya modal yang harus dipersiapkan. Termasuk kapan akan dilaksanan dan dimana bisnis Anda akan berdiri.

  • Mencari dan menyiapkan modal usaha

Setelah mengetahui jenis usaha yang akan Anda bangun dari 0 dan menyusun konsepnya dengan baik, kini saatnya mencari dan mempersiapkan modal usaha Anda. Modal merupakan elemen yang paling krusial dalam sebuah bisnis, karena modal merupakan alat tukar ekonomi yang Anda gunakan untuk membeli keperluan barang-barang yang dibutuhkan. Jadi, pastikan Anda memiliki modal sebelum usahanya dibangun agar pembangunan dan pengembangan terus berjalan. Nah, mencari atau mempersiapkan modal bisa dengan menggunakan dana pribadi maupun meminjam. Peminjaman uang sekarang dapat dilakukan dimana-mana, baik offline maupun online. Biasanya, pengusaha atau pebisnis (baik usaha kecil maupun besar) mengajukan permohonan peminjaman ke bank-bank yang dinilai paling bagus. Akan tetapi, seiring berkembangnya teknologi, banyak sekali perusahaan yang menggunakan teknologi terbaru dan membuka layanan peminjaman uang secara online.

Pinjaman Uang Online untuk Memulai Bisnis

Pinjaman uang online merupakan sebuah kemudahan yang diciptakan untuk memudahkan Anda melakukan peminjaman dimana saja dan pada kapan saja. Dengan adanya layanan pinjam uang online ini diantaranya tidak perlu repot-repot emnyambangi kantornya, karena semua hal bisa diurus melalui situs resmi kantor atau media online lainnya. Lalu, keuntungan apa lagi yang akan Anda dapatkan? Berikut ini adalah ulasan singkatnya.

  • Menghemat waktu dan tenaga

Ketika melakukan peminjaman uang melalui fasilitas online, Anda jadi bisa menabung tenaga karena tidak perlu pergi ke tempat peminjaman secara langsung, selain itu tidak perlu juga repot-repot mondar mandir mempersiaplan berkas-berkas seperti ingin meminjam di bank. Selain tenaga, waktu juga dapat dialokasikan untuk melakukan hal yang lain. Dengan pinjaman uang online, Anda bisa melakukan peminjaman sambil bersantai dirumah atau dikantor.

  • Proses yang sangat mudah

Meminjam uang dibank membutuhkan banyak persyaratan dan melalui beberapa prosedur, karena pihak bank memiliki konsiderasinya sendiri. Misalnya, peminjaman uang di bank mengharuskan Anda melalui beberapa prosedur seperti pengecekan rumah (jika yang digadaikan adalah surat rumah). Itupun belum tentu permohonan peminjaman Anda langsung diterima. Sedangkan, meminjam uang online, misalnya di Lonify kredit online, persyaratan yang dibutuhkan tidak akan merepotkan Anda, karena tidak ada permintaan untuk menyerahkan jaminan apapun. Selain itu, proses permohonannya tidak akan serumit peminjaman uang di bank, melainkan lebih cepat dan mudah. Dengan suku bunga yang tidak berubah dan proses pembayaran yang bisa dilakukan dengan cicilan rutin, meminjam uang online bisa menjadi solusi yang paling tepat untuk mendapatkan modal untuk membuka usaha Anda.

  • Tidak perlu “bunuh diri gengsi”

Meminjam uang sebenarnya adalah sebuah olusi alternative untuk memecahkan masalah keuangan, asal nanti Anda sanggup membayarnya. Terkadang, meminjam uang pada kerabat atau teman membuat seseorang merasa tidak enak dan gengsi. Apalagi jika ternyata teman Anda juga sedang tidak memiliki uang cukup dan terpaksa menolak keinginan Anda untuk meminjam. Rasa tidak enak itu semakin besar. Dengan melakukan peminjaman uang online, tidak perlu lagi merasa tidak enak ataupun gengsi. Hal ini dikarenakan data peminjam (identitas, dll) akan dirahasiakan oleh perusahaan. Itulah salah satu keunggulan yang dimiliki tempat peminjaman online yang juga sangat menguntungkan pihak yang ingin meminjam uang tersebut.

  • Peduli pada kesulitan yang dihadapi peminjam

Ketika meminjam uang di bank atau tempat pegadaian, mereka menginginkan jaminan kalau Anda mampu membayar hutang tersebut dalam kurun waktu tertentu yang sudah ditentukan. Yang mereka pedulikan hanyalah kepastian pelunasan hutang, sehingga ada kemungkinan jika gaji Anda tidak mencukupi kriteria yang mereka tetapkan, maka permohonan hutan pun dibatalkan. Salah satu keunggulan tempat peminjaman uang online lainnya adalah konsiderasi perusahaan terhadap calon peminjam. Perusahaan berusaha mengerti permasalahan dan kesulitan yang sedang dihadapi oleh calon peminjam.

Misalnya Monily, sebuah layanan peminjaman uang cepat yang hanya meminta 3 syarat utama: WNI, usia min. 22 tahun dan memberikan kontak saudara yang tidak serumah. Syarat yang sangat sederhana, sedangkan banyak sekali pilihan layanan yang bisa dipilih sesuai dengan kubutuhan, seperti layanan Pinjaman Uang Cepat yang ditujukan bagi peminjam dengan kebutuhan sangat mendesak seperti menebus obat dirumah sakit atau untuk seseorang yang baru memulai bisnis. Pinjaman uang tanpa agunan pun tersedia disini. Dengan pinjaman ini, Anda tidak diminta untuk menyerahkan sertifikat rumah atau bpkb kendaraan Anda sebagai agunan atau jaminan. Bagi yang belum pernah mencoba dan khawatir, Monily menyarankan untuk mencoba pinjaman dalam jumlah kecil terlebih dahulu. Akan tetapi, layanan yang diberikan merupakan layanan terbaik yang tidak perlu diragukan lagi.

Nah, itu dia langkah-langkah awal untuk menjadi seorang pebisnis dan bagaimana caranya mendapatkan modal yang mudah, cepat namun tidak menjadi beban yang terlalu berat bagi Anda sebagai seorang pebisnis pemula. Semangat berbisnis adalah semangat pantang menyerah, pastikan modal yang Anda dapatkan membantu Anda mengobarkan semangat berwirausaha.