Tips Cara Mencuci Jaket Kulit

0
94

Tips Cara Mencuci Jaket Kulit – Jaket kulit kembali menjadi populer di berbagai kalangan di Indonesia baik itu kalangan anak muda ataupun orang dewasa entah itu wanita maupun pria. Banyak orang yang menyukai dan memiliki jaket kulit namun tidak banyak orang yang mengerti bagaimana cara mencuci jaket kulit yang benar dan bagaimana cara merawat agar jaket kulit awet dan tetap terlihat bagus walaupun sudah cukup lama dan sering dipakai. Beberapa orang tidak tahu bahwa mencuci jaket kulit menggunakan campuran deterjen sangat tidak baik bagi jaket kulit karena akan menyebabkan bahan kulit dari jaket tersebut akan menjadi kering dan dapat menyebabkan kerusakan dari jaket tersebut. Biasanya kerusakan akibat pencucian menggunakan deterjen adalah jaket yang robek hingga terdapat kerutan dan lain sebagainya.

Tips Cara Mencuci Jaket Kulit

Beberapa tips cara mencuci jaket kulit agar tetap awet dan terlihat seperti baru adalah jangan menggunakan air yang dicampur baik itu dicampur dengan deterjen maupun bahan lain yang dapat merusak elastisitas bahan kulit dari jaket tersebut. Sebaiknya cukup dengan menggunakan air biasa tanpa campuran apapun dan mengelapnya dengan kain yang lembut secara perlahan dan kemudian keringkan dengan handuk dan kemudian di jemur di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Setelah kering anda dapat menyimpannya di dalam lemari dengan menggunakan hanger. Jangan sekali-kali melipatnya karena akan menimbulkan kerutan dan lipatan pada jaket kulit tersebut.

Baca juga : 3 TIPS DAN CARA MENCUCI MOTOR

Jika timbul noda ataupun jamur di jaket kulit maka diperlukan penanganan khusus. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal untuk mengatasi masalah noda yang ada pada jaket kulit maka anda harus menggunakan pembersih khusus. Cleanpedia adalah salah satu situs yang membahas mengenai bagaimana cara menyelesaikan masalah noda ataupun jamur yang ada di jaket kulit anda. Cleanpedia sangat mendetail membahas bagaimana agar supaya pembersihan jaket ini tidak memudarkan warna pada jaket kulit serta menjaga elastisitas bahan kulit dari jaket tersebut sehingga jaket tetap awet. Berkunjung ke situs Cleanpedia adalah solusi untuk mengetahui cara mencuci jaket kulit yang benar.

Bagaimana sih cara mencuci jaket kulit yang baik agar jaket tetap enak dilihat atau agar jaket tetap terlihat baru? Mungkin itu salah satu pertanyaan ibu-ibu dirumah saat ini. Sebenarnya Jawabannya sangat mudah sekali, banyak sekali cara yang bisa anda khususnya para ibu lakukan. Langkah yang paling awal adalah kita tentukan dulu jenis jaket kulitnya. Jika jaket kulitnya mudah luntur atau warnanya cepat pudar, maka sebaiknya anda jangan terlalu sering mencucinya. Kenapa ? Karena jika sering mencucinya maka warnanya akan cepat pudar. Dan jangan di cuci dengan menggunakan mesin cuci. Cukup pakai tangan saja.

Langkah yang kedua tentang cara mencuci jaket kulit yang bahannya lunak  atau bahannya cepat mengerut, maka jangan sampai anda menggunakan air hangat bahkan jangan sampai menggunakan air panas, bisa berbahaya. Usahakan juga jangan sampai menggunakan air yang suhunya terlalu dingin. Gunakan detergen secukupnya saja, karena semakin banyak menggunakan detergen bukan berarti jaketnya makin bersih tetapi akan cepat rusak. Cucilah dengan menggunakan tangan saja, dan pelan-pelan saja. Jangan terlalu sering disikat. Alternatifnya bisa hanya dengan di lap saja menggunakan handuk yang sudah dibasahi.

Langkah paling terakhir tahap finishing, yaitu mengeringkan jaket kulit. Mengeringkan jaket kulit bisa dengan cara mengelapnya pada bagian luar dengan menggunakan handuk kering, dan jangan dijemur diluar yang langsung terkena sinar matahari. Jaket anda cukup di angin-anginkan saja asal jangan sampai terkena sinar matahari secara langsung.  Itulah tips membersihkan jaket kulit bagi para ibu-ibu dirumah. Untuk perawatannya, jangan sampai anda menyemprot sesuatu yang berbahan kimia, seperti contohnya minyak wangi, karena hal itu dapat merusak warna pada jaket anda. Anda bisa menyemprotkan minyak wangi anda pada bagian dalamnya saja. Itulah ulasan tentang cara mencuci jaket kulit, yang bisa dijadikan inspirasi bagi anda semua. Anda juga bisa melihat cara bersih-bersih lainnya di website cleanpedia, yang banyak memberikan informasi bagi anda tentang bagaimana cara bersih-bersih yang benar. Cleanpedia, solusi untuk ibu rumah tangga.

 

Tinggalkan Balasan