TIDAK SUKA CUCI TANGAN? HATI –HATI TERHADAP PENYAKIT INI

0
125

Sebagian orang sangat menganggap sepele saat mereka menyentuh berbagai macam benda yang terlihat bersih secara kasat mata. Padahal, sesuatu uang terlihat bersih belum tentu bebas dari kuman atau bakteri penyebab penyakit. Itu karena bakteri atau kuman memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga kita tidak bisa melihatnya dengan mata telanjang. Oleh sebab itu, mencuci tangan sangat penting dilakukan saat kita akan dan selesai melakukan sebuah kegiatan. Tentu saja, anda pun harus memahami langkah cuci tangan dengan tepat agar terhindar dari  penyakit dan tangan anda tetap sehat.

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan jika anda tidak mencuci tangan atau malas mencuci tangan:

Kita mungkin berpikir jika influenza terjadi karena peribahan suhu udara di sekitar kita, misalnya suhu dingin, hujan, dsb. Kalaupun tertular, kita mungkin berpikir jika udara lah yang menyebabkan penularan terjadi. Padahal, jika seseorang yang sudah terkena influenza menyentuh sebuah barang dan anda menyentuh barang yang sama, anda akan memiliki kemungkinan untuk tertular.

  1. Tifus

Bakteri salmonella typhi adalah bakteri penyebab tifus. Jika anda makan dengan tangan dan tidak mencuci tangan dengan benar, maka anda dapat tertular bakteri ini. Oleh karena itu, perhatikan langkah mencuci tangan dengan benar.

  1. Hepatitis A

Hepatitis A adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis A yang disebarkan oleh kotoran/tinja penderita, biasanya melalui makanan. Jadi, terbayang kah oleh anda jika anda makan dengan keadaan tangan kotor dan makanan yang terkontaminasi?

Oleh karena itu, biasakanlah untuk mencuci tangan sebelum memulai sebuah aktifitas dan setelah melakukan aktifitas. Langkah terbaik untuk menghindari sebuah penyakit adalah dengan mencegahnya, salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan melakukan kegiatan sederhana, seperti mencuci tangan dengan rutin.

Tinggalkan Balasan