Sampai Kapan Harus Bayar KPR?

0
126
Sampai Kapan Harus Bayar KPR?
Sampai Kapan Harus Bayar KPR?

Bagi banyak orang, membeli rumah KPR adalah satu-satunya jalan agar mampu membeli properti sendiri. Apalagi sekarang ini masyarakat berekonomi lemah mempunyai rumah yang dibangun oleh Perumnas, yang mendapatkan subsidi dari pemerintah sehingga angsuran pembayaran tak begitu memberatkan. Walaupun ada syarat-syaratnya, jika dibandingkan dengan keuntungan yang didapatkan, maka syarat tersebut bisa dibilang cukup ringan.

Namun yang menjadi masalah adalah, kadang orang tidak bisa mengukur kemampuan mereka dalam membayar angsuran tempat tinggal KPR untuk setiap bulannya. Hal yang biasanya terpikir adalah, harga murah, bunga kecil, sudah disubsidi, maka banyak orang langsung oke saja untuk menyetujui kesepakatan. Akibatnya, masih banyak orang yang kesulitan dalam membayar angsuran tiap bulan, atau mengeluh karena angsuran seakan-akan tak selesai-selesai.

Padahal, semua itu sebenarnya bisa dihindari jika Anda bijak dalam memilih jangka waktu yang tepat untuk membayar KPR Anda. Dengan memilih tenor yang tepat, Anda akan mendapatkan keringanan yang cukup signifikan. Perhatikan ini :

  • Semakin lama Anda memilih jangka waktu untuk tenor atau membayar angsuran, maka bunga yang akan Anda dapatkan semakin rendah, namun dengan resiko Anda membayar sampai puluhan tahun (20-25 tahun, tergantung kesepakatan bank dan pengembang).
  • Anda bisa memilih untuk membayar dalam jangka waktu 10 tahun saja, sehingga cepat selesai dan total harga rumah tidak terlalu mahal. Namun bunga dan beban angsuran tiap bulan akan lebih tinggi daripada jika Anda memilih tenor 20 tahun.
  • Di satu sisi, Anda masih harus memikirkan soal pengeluaran bulanan Anda, karena Anda tak hanya membayar angsuran rumah tiap bulannya.
  • Jika Anda membayar angsuran per bulan lebih dari 30% dari gaji Anda, maka dijamin Anda akan merasakan beban yang sangat berat.

Menentukan jangka waktu yang tepat untuk membayar rumah KPR adalah tantangan sendiri yang membuat Anda harus rajin mengecek pengeluaran Anda dulu sebelum memutuskan. Periksa gaji dan pengeluaran tiap bulan Anda, tentukan berapa jumlah maksimal yang bisa Anda bayarkan tiap bulannya, baru Anda melakukan penghitungan untuk menentukan tenor rumah. Sekarang ini sudah ada banyak simulasi kredit di internet, manfaatkanlah ini!

Artikel rekomendasi : Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih KPR

Tinggalkan Balasan