Rumpun Ilmu UI Sebagai International University Di Indonesia

0
50
International university

Universitas Indonesia, siapa orang Indonesia yang tidak mengenal lembaga pendidikan tinggi ini ? Ya, UI sudah sangat familiar di telinga orang Indonesia, dari Sabang hingga Merauke sudah sangat mengenalnya khususnya bagi masyarakat yang peduli dengan pendidikan.

Beribu lulusan handal dan berkualitas telah ditelurkan oleh universitas kebanggaan masyarakat Indonesia ini. Berbagai posisi penting pada instansi pemerintahan serta perusahaan swasta telah diisi oleh para lulusan UI tersebut. Dan saat ini, bukan hanya masyarkat Indonesia yang mengenal UI, bahkan hingga masyarakat di luar Indonesia telah mengenal UI dengan sangat baik.

Sehingga, banyak sekali siswa yang berasal dari luar negeri sengaja menginjakan kakinya dikampus UI dalam rangka mengenyam berbagai ilmu yang disediakan oleh UI. Olah sebab itu, sangat wajar jika UI memperoleh predikat sebagai International University yang dimiliki oleh Indonesia.

Sudah banyak prestasi mendunia yang diperoleh UI. Tenaga dosen yang berkualitas internasional pun sudah dipenuhi oleh perguruan tinggi negeri yang satu ini. Masih adalagi alasan lainnya mengapa UI bisa dikatakan sebagai universitas internasional yang dimiliki oleh Indonesia saat ini.

Berbagai disiplin ilmu dipelajari di kampus UI ini, sehingga dari beribu lulusan tersebut terbagi menjadi beberapa keahlian yang sesuai dengan rumpun ilmu yang lulusan tersebut ikuti selama perkuliahan.

Ada beberapa rumpun ilmu yang disediakan oleh UI sebagai lembaga pendidikan tinggi berpredikat International University ini. Rumpun – rumpun ilmu di UI tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Rumpun Ilmu Kesehatan. Rumpun Ilmu Kesehatan ini berisikan fakultas-fakultas yang berhubungan dengan kesehatan individu, komunitas, dan lingkungan. Rumpun Ilmu Kesehatan (atau biasanya disingkat RIK) terdiri dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Farmasi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan Fakultas Ilmu Keperawatan.
  2. Rumpun Sains dan Teknologi. Rumpun ilmu ini terdiri dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik, dan Fakultas Ilmu Komputer.
  3. Rumpun Sosial Humaniora. Rumpun ilmu ini adalah rumpun ilmu yang bakal berurusan sama komunitas serta masyarakat lokal, nasional, dan internasional. Rumpun ilmu ini terdiri dai Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Fakultas Ilmu Adiministrasi.

Demikian penjelasan tentang beberapa hal yang berkaitan dengan rumpun ilmu yang dimiliki oleh Universitas Indonesia yang memiliki predikat sebagai International University yang dimiliki oleh Indonesia saat ini.

Tinggalkan Balasan