Resiko Yang Akan Dihadapi Saat Memulai Bisnis Sewa Mobil

0
74
Resiko Yang Akan Dihadapi Saat Memulai Bisnis Sewa Mobil
Resiko Yang Akan Dihadapi Saat Memulai Bisnis Sewa Mobil

Bisnis sewa mobil terutama sewa mobil Solo dapat dikatakan sebagai peluang bisnis yang menggiurkan bagi pelaku usaha. Oleh karena itu banyak sekali penyewaan mobil di daerah-daerah kota besar juga kecil yang di buka sehingga membuatnya lebih mudah di temukan, rental mobil beresiko mobil hilang, dan asuransi tidak ingin mengganti jika kehilangan karena mobil direntalkan namun banyak orang ingin sekali memulai bisnis sewa mobil. Sebagian beranggapan bahwa bisnis rental mobil sangat mudah di kelola. Tetapi sebenarnya bisnis ini mempunyai resiko yang begitu besar.

Resiko paling buruk dan ditakuti oleh semua pelaku bisnis ini adalah Kehilangan Mobil. Bagi anda yang akan memulai menjalankan bisnis sewa mobil tips ini mungkin saja bisa berguna :

Resiko Yang Akan Diterima Pebisnis dalam Bisnis Sewa dan Rental Mobil

1. Jangan mudah percaya pada calon penyewa. Usahakan sedikit jual mahal, tidak menampakkan bahwa kita butuh pelanggan.

2. Mintalah syarat dokumen yang lengkap kepada pihak penyewa. Dokumen tersebut diantaranya: fotocopy KTP, SIM A serta Kartu Keluarga.

3. Penyewa harus meninggalkan jaminan berupa Kendaraan Bermotor Roda 2 lengkap dengan STNK nya.

4. Untuk kewaspadaan, jika ada konsumen yang kurang dikenal, pergunakanlah driver dari pihak kita. Jangan menyerahkan kunci kepada penyewa.

5. Hindari sewa perorangan dalam jangka waktu lama. Sudah ada banyak kejadian mobil yang disewakan dalam jangka waktu yang lama, tapi ternyata oleh penyewa, mobil anda digadaikan atau kadang disewakan lagi ke orang lain dengan tarif diatas tarif yang Anda tetapkan.

Untuk mencegah hal ini bisa dilakukan dari pengamatan melalui GPS, misalnya di GPS terlihat mobil ada di kota Solo, tetapi penyewa anda hubungi mengatakan mobil ada di Semarang, ini bisa segera ditindak lanjuti.

6. Pasanglah alat pengaman tambahan pada aset mobil agar dapat terus memantau keberadaan mobil secara realtime dengan memasang GPS, pasanglah GPS dua sekaligus di dua lokasi berbeda, untuk mengantisipasi jika salah satu GPS dilepaskan oleh penyewa mobil, GPS yang yang lain masih bisa berfungsi.

Saat ini banyak sekali dijual GPS untuk mobil, jadi bentuknya seperti kotak kecil, bisa ditaruh di tempat tersembunyi didalam mobil, kemudian dari depan komputer anda bisa melihat kemanapun mobil anda akan dibawa pergi, bahkan ada pula yang memiliki fitur record log, yaitu fitur yang dapat mencatat semua perjalanan, mulai dari rute, waktu dan sebagainya. Alat ini dijual dipasaran dengan harga 2-4juta.

7. Pilihlah asuransi all risk, jadi segala resiko akan dicover asuransi, Anda bisa menkonsultasikan dengan agen asuransi, meski keluar biaya yang lebih banyak, tetapi yang terpenting adalah aset Anda tetap aman. Jika terjadi kerusakan mobil seperti tabrakan bahkan kehilangan mobil biasanya menjadi tanggung jawab pemilik mobil dan pihak penyewa hanya membayar klaim asuransinya. Pihak Asuransi akan mengganti kerusakan bila kita dari awal sudah mengasuransikannya menggunakan rate rental, contohnya : untuk rate asuransi mobil pribadi sekitar 3%, untuk rate asuransi mobil yg dirental 5%.

Nah itu dia, 7 resiko yang mungkin akan dialami oleh pebisnis sewa mobil dari kami, sewamobilsolo.net perusahaan rental mobil Solo yang sedang berkembang.

Tinggalkan Balasan