Resep Masakan Indonesia Paling Nikmat Dan Mudah Dibuat

0
142
resep masakan Indonesia
resep masakan Indonesia

Tidak dapat dipungkiri, semur jengkol merupakan salah satu resep masakan Indonesia yang sangat digemari. Meskipun memiliki bau yang khas setelah memakan semur jengkol, namun hal tersebut tidak membuat orang menjauhi makanan lezat ini. bahkan semur jengkol ini sangat ampuh memperbaiki nafsu makan anda. semur jengkol lebih populer sebagai makanan khas sunda yang kini sangat digemari oleh orang di setiap daerah di Indonesia. Bagi anda yang gemar menikmati makanan ini, anda bisa membuatnya sendiri di rumah, semur jengkol cukup mudah dibuat karena bumbunya tidak terlalu banyak, dan makanan ini juga tidak memiliki banyak kuah, karena bumbunya menempel pada jengkol. Hal itulah yang membuatnya semakin nikmat. Berikut ini resep semur jengkol yang bisa anda praktekkan dengan mudah.

  • Bahan utama dan bumbu semur jengkol pedas nikmat

Untuk membuat semur jengkol pedas, siapkan bahan utama diantaranya 500 gram jengkol tua segar, 2 cm lengkuas, 2 lembar daun salam yang telah dicuci bersih, 1 batang serai yang dimemarkan, 3 lembar daun jeruk yang dibuang tulang daunnya, kecap manis secukupnya, ΒΌ sendok teh merica bubuk, garam secukupnya, gula pasir secukupnya, penyedap rasa secukupnya, air secukupnya, dan minyak secukupnya untuk menumis. Untuk bumbu yang dihaluskan, siapkan 3 butir kemiri yang disangrai, 3 siung bawang putih, 5 butir bawang merah, 2 buah cabe merah besar, 25 buah cabe rawit hijau, dan 2 cm kunyit.

  • Cara membuat semur jengkol pedas nikmat

Setelah semua bahan utama dan bumbu tersedia, pertama-tama anda bisa merebus jengkol dalam air mendidih sampai matang dan empuk lalu angkat jengkol dan beri air dingin. Kupas kulit jengkol yang telah direbus lalu pipihkan dengan cara digeprek, sisihkan. Tumis bumbu yang telah dihaluskan menggunakan sedikit minyak sampai mengeluarkan aroma harum, masukkan lengkuas, batang serai, daun jeruk dan daun salam lalu aduk sampai layu. Berikutnya tuangkan air secukupnya lalu diamkan sampai mendidih, masukkan jengkol yang telah digeprek ke dalam bumbu dan aduk sebentar lalu tutup bagian atasnya hingga jengkol benar-benar matang dan kuahnya semakin menyusut pertanda bumbu telah meresap. Tambahkan kecap manis, gula pasir, garam dan penyedap rasa lalu aduk lagi sampai bumbu merata, semur jengkol pedas nikmat telah siap untuk dihidangkan.

Itulah resep masakan Indonesia paling populer dan digemari masyarakat, selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan