Posisi Bayi Pada Usia Kandungan 7 Bulan

0
142

Untuk mengetahui posisi bayi pada usia kehamilan 7 bulan, mungkin anda akan melakukan pemeriksaan USG supaya dapat melihat posisinya dengan pasti dan jelas. Pasalnya posisi bayi tidak dapat diperiksa dan diperkirakan secara asal-asalan. Aplagi ketika posisi bayi dalam kandungan tidak dapat ditandakan dengan gejala fisik seperti ciri-ciri kehamilan pada umumnya. Ketika kehmailan telah memasuki usia trimester ke tiga maka bayi sudah dapat mulai banyak perkembangan.

Bagaimana Posisi Bayi Pada Usia Kandungan 7 Bulan?

Bagaimana Posisi Bayi Pada Usia Kandungan 7 Bulan

Posisinya pun sudah berubah-ubah sejak awalkehamilan sebelum akhirnya bayi akan memposisikan dirinya pada jalur kelahiran dan akan siap lahir di usia kehamilan kuran lebih 9 bulan. Untuk itu, bagi anda yang hamil yang baru pertama kali mungkin masih kurang tahu dan pengetahuannya masih cukup minim tentang perkembangan janin di dalam kandungan. Maka untuk itu, pada kesempatan ini akan memberikan pembahasan mengenai posisi janin 7 bulan di dalam kandungan.

Pada usia kehamilan 7 bulan, posisi bayi dalam kandungan secara normal psisi kepala ada di bawah dan kaki di atas. Dengan hanya 2 bulan mneuju waktu persanilan, posisi bayi telah beransur-angsur menyesuaikan. Satu hal yang harus di waspadai adalah apabila posisi bayi terbalik (kepala di atas kaki di bawah) atau lebih dikenaldengan sungsang. Pada usia kehamilan ini memang cukup sulit mengetahui apakah bayi sungsang atau normal keculai dengan pemeriksaan USG. Biasanya untuk mendeteksi bayi sungsang adalah dengan merasakan tendangan kaki bayi, dilakukan pada usia janin 7 bulan, karena meskipun telah ada pergerakan pada janin, belum cukup kuat untuk dirasakan secara jelas.

Saat kehamilan ini, janin sudah mulai mengalami perkembangan yang cukup pesat. Berat janin 7 bulan sudah mencapai 700 gram dan panjangnya sudah mencapai 22 cm, ukuran kepala janin sudah lebih proporsional. Ada zat lemak yang disebut dengan nama verinix mulai menutupi kulit janin. Hal ini membuat janin tidak lagi basah dan akan merasa lebih hangat saat berada di dalam kandungannya. Pada minggu ke-26 atau minggu kedua pada bulan ketujuh, jaringan kulit si janin akan mulai teraliri oleh darah.

Tinggalkan Balasan