Pola Asuh Atasi Telat Berbicara

0
109
anak terlambat bicara
anak terlambat bicara

Kamampuan berbicara seorang anak akan berkembang sesuai dengan usia anak tersebut. Hal ini dapat mengalami perbedaan antara satu anak dengan anak yang lainnya. Sehingga amat tidak bijak ketika kita membandingkan satu anak dengan anak yang lainnya. Namun jika seorang anak memiliki kemampuan berbicara yang jauh di bawah kemampuan anak lain seusianya maka anda perlu waspada akan hal tersebut. Mungkin buah hati anda termasuk anak terlambat bicara. Dan jika memang terjadi  hal tersebut maka anda harus memberi tindakan dan perawatan pada buah hati anda agar kemampuannya dapat berkembang sama seperti anak lain di usianya.  

Untuk melatih kemampuan berbicara seorang anak yang termasuk kedalam kelompok anak terlambat bicara, dapat dilakukan dengan beberapa cara dan sebenarnya dapat anda lakukan sendiri di rumah. Berikut ini beberapa hal yang dapat anda lakukan :

  1. Stimulus, stimulus merupakan rangsangan yang dapat merangsang otak dan saraf sensorik verbal yang dimiliki anak. stimul  tuk anak terlambat bicara dapat dilalukan dengan beberapa cara mulai dari diajak berbicara secara terus menerus hingga memberikan sentuhan lembut berpa pijitan pada syaraf – syaraf yang menunjang motorik verbal agar bekerja optimal.
  2. Ajak bicara dengan intensif, sebenarnya kemampuan berbicara seorang anak sangat tergantung pada orang tuanya, jika orang tuanya sangat cerewet dengan selalu mengajak buah harinya berbicara dan bercerita maka biasanya anak tersebut akan memiliki kemampuan verbal yang berkembang dengan baik.
  3. Biarkan anak bergerak, kemampuan verbal atau kemampuan berbicara merupakan kemampuan yang tarafnya berada di atas kemampuan motorik. Sehingga kemampuan berbicara ini akan mulai berkembang jika kemampuan dan kebutuhan motorik yang ada di bawahnya telah terpenuhi. Maka untuk mengembangkan kemampuan berbicara buah hati anda biarkan dia bergerak dengan bebas, berlari dan melompat lompat agar kebutuhan motoriknya dapat terpenuhi.

Dengan memenuhi beberpa hal di atas maka buah hati anda akan memiliki kemampuan berbicara yang berkembang dengan baik, sehingga buah hati anda tidak akan termasuk ke dalam kelompok anak terlambat bicara.

Tinggalkan Balasan