Perlengkapan Tidur Bayi Baru Lahir

0
340

Mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir tentunya harus dilakukan minimal kandungan ibu mencapai 7 bulan. Rasanya menyenangkan jika mempersiapkan segala kebutuhan buah hati kita. Mengingat bayi memiliki kondisi tubuh yang masih rentan, maka segala persiapan tentunya harus diperhitungkan dengan benar. Seperti contohnya mempersiapkan keperluan tidur bayi.

Berbeda dengan anak-anak dan orang dewasa yang bisa tidur dimana saja meski hanya dilengkapi dengan kasur dan selimut. Bayi harus mempunyai persiapan berbeda, karena perlindungan untuk si kecil dalam usianya yang masih beberapa bulan bahkan beberapa hari harus maksimal. Maka dari itu dalam memepersiapkan segala kebutuhan bayi agar tidurnya nyenyak harus benar-benar diperhatikan.

Lalu apa saja perlengkapan bayi baru lahir yang harus dipersiapkan untuk tidurnya agar lebih nyaman. Perlengkapan tersebut seperti Kasur atau baby box. Tempat ini harus dibuat sedemikian rupa agar bayi aman ketika ibu tertidur. Gunakanlah bahan yang aman dan tidak beracun dan juga pastikan tempat tersebut tidak ada bagian yang tajam yang bisa melukai bayi.

Selain itu persiapkan pula bantal dan guling ukuran kecil yang cocok dengan bayi. Pakai bungkus bantal dan guling yang memiliki tekstur lembut di kulit. Juga selimut yang lembut, biasanya terbuat dari bahan handuk, flannel, katun dan lain-lain. Untuk alas tidur bayi, sebaiknya pilih kain yang bisa menyerap keringat. Karena jika menggunakan bahan sembarangan, bisa-bisa timbul masalah kulit seperti ruam bayi. Perlak dengan ukuran yang besar dan kecil juga harus disediakan. Jangan lupa melengkapi tangan bayi dengan kaus tangan dan kakinya yang dilengkapi dengan kaus kaki agar bayi lebih merasa hangat.

Barang yang tidak kalah pentingnya yang harus dipersiapkan adalah kelambu dan bed cover yang mana gunanya untuk melindungi bayi dari gigitan nyamuk atau binatang yang lainnya. Agar bayi lebih nyaman tidur, sebaiknya badan si kecil sudah diberi minyak telon untuk lebih memberi kehangatan ketika dia tidur. Perlengkapan seperti ini memang harus dipersiapkan sebelum bayi lahir. Karena jika bayi sudah lahir dan semua perlengkapan tersebut belum tersedia, maka ibu akan kerepotan sendiri.

Tinggalkan Balasan