Peran penting orang tua dalam mendidik anak

0
172
belajar menulis
belajar menulis

Sangat di hawatirkan sekali jika pada jaman yang terus berkembang ini anak anda tidak bisa menulis, sehingga dengan berbagai metode pengajaran, anda sebagai orang tua tentunya dengan sigap mencari cara untuk anak bisa secara cepat bisa menulis. Dengan demikian apabila anak anda masuk pada ruang lingkup sekolah, tidak tertinggal jauh kemampuan belajarnya anak, karena sudah anda bekali dengan kemampuan menulis menggunakan metode belajar menulis di rumah. Oleh sebab itu, pantas kiranya untuk setiap orang tua mengajarkan pengenalan huruf abjad atau angka terlebih dahulu, sehingga anak bisa secara cepat mengenal dan memahami tentang huruf abjad ataupun angka sebelum masuk pada pembelajaran di sekolahan.

Dengan demikian peran orangtua dalam mendidik anak tidak cukup mengandalkan pembelajaran di sekolah saja, karena waktu sekolah bagi anak usia kecil kurang lebih hanya 5 jam waktu untuk belajar, sedangkan sisanya anak ada bersama anda. Maka dari itu, dengan anda memberikan pengajaran awal sebelum masuk ke jenjang sekolah, merupakan sebuah nilai yang positif untuk anak supaya tidak ketinggalan dalam memahami huruf-huruf abjad atu angka.

Selanjutnya, meliputi tugas orang tua di rumah selain memberikan pengajaran tentang belajar membaca dan belajar menulis juga harus diberikan pengajaran tambahan yang sifatnya mendidik akhlaq pada jiwa anak salah satunya dengan memberikan contoh perilaku yang baik pada setiap kegiatan atau perilaku orang tua setiap harinya, karena daya penyerapan otak seorang anak lebih bisa mencerna sesuatu yang dilihat ataupun yang didengar langsung tanpa adanya perlakuan sebagai proses salah satu proses pengajaran orang tua. Olah karena itu dengan anda meberikan contoh sebagai teladan yang baik, maka anak anda dapat pula berprilaku sesuai dengan prilaku orang tuanya saat berada di rumah ataupun saat di luar rumah melakukan interaksi dengan sesama atau melakukan kegiatan selain dari pada itu.

Orang tua merupakan sebuah kunci keberhasilan untuk anak menjadi pintar dalam segala hal, salah satunya anak bisa memahami secara dini tentang hruf-huruf abjad dan angka yang merupakan suatu kebutuhan dalam melakuan interaksi dengan sesama, baik secara lisan maupun tulisan. Oleh karena itu belajar menulis bagi anak anda merupakan hal penting untuk diperkenalkan secara dini dengan tidak memaksakan agar secepatnya bisa, akan tetapi mengenal secara perlahan melalui proses belajar mengajar yang menyenangkan.   

Tinggalkan Balasan