Penyebab Ruam Popok Pada Bayi Dan Cara Mengatasinya

0
72
ruam-popop-pada-bayi-anda

Ruam Popok Pada Bayi adalah keadaan dimana semua orang tua yang mempunyai bayi pasti mengalaminya. Hal ini terjadi karena radang / infeksi kulit di sekitar area popok seperti pada paha dan pantat bayi. Umumnya terjadi karena kulit bayi terpapar oleh zat amonia yang dihasilkan dari urin atau feses bayi. Bayi yang terkena ruam akan merasa panas dan terkadang perih. Membuat bayi merasa tidak nyaman, rewel dan menangis.

Cirinya adalah bercak kemerahan di area paha, pantat dan alat kelamin bayi. Tapi terkadang bercak ini bisa berubah menjadi seperti jerawat. Dan apabila dibiarkan terlalu lama, hal ini akan menyebabkan infeksi yang lebih serius.

Kenali Penyebab Ruam Popok Pada Bayi Anda

Beberapa hal yang menyebabkan ruam pada bayi antara lain adalah terlambat mengganti popok yang kotor, sehingga kulit terjadi kontak yang terlalu lama dengan zat amonia yang terkandung dalam urin dan feses bayi. Penyebab lainnya adalah adanya riwayat alergi, terjadi gesekan berlebih pada kulit bayi dengan popok, pemakaian popok yang terlalu ketat dan pemakaian popok yang terbuat dari plastik atau karet yang terlalu lama sehingga menyebabkan iritasi.

Hal ini umumnya terjadi pada bayi dengan usia kurang dari 15 bulan karena pada usia ini bayi masih harus sering memakai popok dan kulitnya masih sangat tipis sehingga sangat mudah terkena iritasi dan timbul ruam.

Cara mengatasi Ruam Popok Pada Bayi pada bayi yang paling umum adalah dengan mengganti popok sesegera mungkin ketika sudah terkena urin atau feses. Cara selanjutnya adalah dengan rutin membersihkan area popok setiap mengganti popok dengan tisu atau kain yang lembut. Jangan menggunakan popok yang terlalu ketat pada bayi, karena bekas popok yang ketat akan membuat kulit bayi mudah terkena iritasi.

Semua orang tua terbaik pun pasti pernah mengalami hal ini. Bayi yang terkena Ruam Popok Pada Bayi ini adalah hal yang umum. Namun tetap harus diatasi dengan cara yang tepat. Apabila bayi sudah terlanjur terjangkit, maka hal yang harus anda lakukan adalah rajin membersihkan area yang terkena dan mengolesinya dengan krim bayi seperti Switzal extra care baby cream secara teratur. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan