Penyebab Ketombe pada Pria

0
51
penyebab ketombe
penyebab ketombe

Ketombe merupakan salah satu penyakit rambut yang sangat mengganggu aktivitas sehari – hari. Karena rambut akan merasa gatal jika terkena panas, apalagi bagi seorang pria yang banyak bekerja di luar ruangan. Jika anda menggaruknya, ketombe akan jatuh ke baju dan mengurangi ras percaya diri.

Ketombe disebabkan oleh banyak faktor. Penting diketahui oleh anda faktor penyebab ketombe, supaya anda dapat terhindar dari ketombe. Yuk kita ketahui penyebab ketombe dan cara menghilangkannya.

  1. Kulit kering
    Kulit kering merupakan faktor yang paling umum terhadap munculnya ketombe pada kulit kepala. Tetapi faktor ini sangat kecil kemungkinannya daripada timbulnya ketombe akibat faktor lain. Jika anda ingin melihat kondisi kulit kepala anda kering atau tidak, anda dapat melihat kulit tangan atau kaki. Karena kulit tangan dan kaki merepresentasikan kondisi kulit kepala.
  2. Iritasi dan kulit berminyak
    Iritasi dan kulit berminyak menjadi salah satu faktor penyebab ketombe pada kulit kepala anda. Gejala kulit kepala berminyak berwarna merah dengan serpihan kulit yang bersisik atau adanya sisik warna kekuning – kuningan. Kulit berminyak atau dermatitis seboroik juga dapat mempengaruhi jumlah minyak pada daerah tubuh yang lainnya seperti pada alis mata, hidung bagian samping, selangkangan, atau ketiak.
  3. Eksema atau eksim
    Eksema atau eksim merupakan salah satu jenis peradangan pada kulit kepala. Gejala yang timbul kulit kepala akan terasa gatal da munculnya serpihan – serpihan putih yang berisisk berwarna putih atau kekuning – kuningan. Menurut data WHO, penyakit peradangan kulit ini banyak menimpa anak – anak di negara – negara berkembang. Tetapi tidak menutup kemungkinan semua orang juga dapat mengalaminya.
  4. Psoriasis
    Suatu kondisi sel kulit kepala mati yang mengering dan kasar, sehingga menumpuk dan kulit bersisik. Psoriasis ini terjadi ketika suatu sistem kekebalan tubuh menimbulkan banyak sel kulit timbuh di berbagai bagian tubuh termasuk kulit kepala. Akibatnya orang yang mengalami psoriasis akan memiliki ketombe pada rambutnya.
  5. Kurang keramas
    Kulit kepala akan menghasilkan minyak. Jika kita jarang keramas, minyak dan kulit kepala akan banyak menumpuk pada kepala dan menyebabkan ketombe.

 

Tinggalkan Balasan