Pendakian yang Menarik di Gunung Rinjani

0
151

Indonesia memang terkenal dengan kekayaan dan keindahan alamnya yang melimpah. Untuk itu kita harus bersyukur dapat lahir sebagai waga Negara Indonesia yang kaya. Caranya dengan menjaga dan melestarikan keindahan alam dan budaya Indonesia yang beragam. Banyak tempat wisata Indonesia yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya ada Gunung Rinjani yang terletak di Lombok Nusa Tenggara Barat.

Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Gunung ini termasuk ke Dalam Taman Nasional Gunung Rinjani. Gunung Rinjani merupakan surganya para pendaki. Keindahan alamnya membuat para pendaki sangat menikmati setiap perjalanan mereka.

Pada saat mulai pendakian kita akan disuguhkan dengan panoraman padang savana yang menakjubkan, hutan tropis dan perbukitan yang sangat luar biasa indahnya. Itu baru di awal pendakian. Setelah kita sampai di pos pertama kita akan menemukan padang rumput yang luas sekali. Para pendaki sering menyebutnya dengan padang rumput Telethubis, karena mirip dengan padang rumput yang ada di acara anak-anak tersebut.

Karena disana tidak terdapat pohon-pohon, maka disarankan untuk tidak berlama-lama disana karena udaranya sangat panas akibat sengatan matahari. Tak heran jika Rinjani sering disebut dengan julukan Gunung Pantai.

Setelah itu kita akan melewati jalur yang namanya Bukit Penyiksaan. Nama tersebut diambil karena medan jalurya yang terbilang berat. Kita akan melewati perbukitan terjal yang sangat menyiksa dengan tanjakan yang seakan tidak ada habisnya. Disana kita akan sering menemukan puncak semu, artinya dari kejauhan seakan terlihat puncak bukit, padahal bukan.

Dengan begitu kita dapat mengambil jalur alternatif yang diberi nama dengan Bukit Penyesalan. Jalurnya tidak terlalu berat, relatif lebih landai tetap jarak tempuh yang dilalui lumayan lama. Begitu anda sampai di pos terakhir tepatnya di plawangan sembalun anda akan menyaksikan awan yang berjejer dibawah kaki kita, seakan kita berjalan diatasnya.

Jalur terakhir menuju puncak kita akan melewati medan berpasir dengan jurang di kedua sisi yang menganga lebar. Cukup membuat nyali anda menciut disana. Tetapi ujian tersebut akan terbayarkan dengan keindahan rinjani dari atas puncak. Disana kita dapat menikmati keindahan mtahari terbit yang sangat menakjubkan.

Tinggalkan Balasan