Nutrisi Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

0
85
Nutrisi Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama
Nutrisi Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Makanan bergizi sangat penting untuk dikonsumsi ibu hamil agar perkembangan serta kesehatan janin dalam kandungan dapat terjaga, di samping ibu sendiri yang senantiasa bugar dan sehat. Nutrisi untuk ibu hamil harus memiliki gizi seimbang dan jumlah kalori yang sesuai. Nutrisi ini dibedakan untuk ibu hamil pada usia kehamilan trimester pertama, trimester kedua hingga trimester ketiga. Berikut adalah nutrisi yang tepat untuk ibu hamil trimester pertama.

  1. Pada trimester pertama serta kedua, nutrisi untuk ibu hamil sebaiknya mengandung hingga dua ribu kalor per hari. Jenisnya dapat terdiri dari protein, lemak serta karbohidrat. Di samping itu dibutuhkan pula beragam jenis vitamin, mineral serta folat. Semua nutrisi tersebut bisa didapatkan pada berbagai produk makanan segar. Pada trimester pertama, ibu hamil dapat mengonsumsi pisang karena bisa mengurani mual pada pagi hari. Pisang juga merpakan sumber akan vitamin B6, serat, asam folat, vitamin C serta potasium.
  2. Selain pisang, ibu hamil trimester pertama juga dapat mengonsumsi bayam. Sayuran berwarna hijau ini merupakan sumber dari asam folat. Mineral ini dibutuhkan agar bayi tidak menderita cacat lahir terutama pada otak serta sumsum tulang belakang. Dalam bayam juga turut terkandung vitamin C, vitamin A, vitamin K, serat, besi, dan mangan.
  3. Terakhir, konsumsilah kacang-kacangan. Bahan makanan ini kaya akan serat dan protein sehingga dapat mengatasi sembelit pada ibu hamil trimester pertama. Empat puluh persen wanita hamil umumnya mengalami sembelit ini karena tekanan rahim, hormon progesteron serta suplemen zat besi. Kacang juga kaya akan zat besi dan asam folat.

Dengan mengonsumsi makanan-makanan di atas, kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil selama masa kehamilan khususnya trimester pertama akan terpenuhi dengan baik. Bukan hanya ibu yang sehat namun juga sang buah hati akan berkembang secara pesat dan lahir dalam keadaan sehat. Perawatan untuk bayi baru lahir harus menggunakan produk terbaik agar ia tumbuh sehat serta senantiasa terawat. Salah satu produk perawatan bayi yang dapat dipilih adalah Zwitsal karena telah teruji khasiat dan kualitasnya.

Tinggalkan Balasan