Merintis Usaha Keripik Singkong Aneka Rasa Dengan Modal Pinjaman

0
269

Peluang bisnis ternyata bisa muncul dari mana saja, bahkan ide-ide tersebut bisa jadi muncul karena keresahan hati Anda sebagai bagian dari masyarakat dengan lokasi tempat yang memiliki banyak sekali sumber daya namun belum dimanfaatkan. Apabila Anda adalah salah satu penduduk di kawasan pegunungan dengan tanah yang sedikit tandus, sudah tentu ketela pohon menjadi suatu hal yang bisa ditemukan dimana-mana. Semata-mata karena kondisi tanah yang demikian membuat ketela pohon menjadi satu-satunya tanaman yang bisa ditanam. Nah, untuk mengantisipasi hal seperti ini tentu saja perlu dibuat suatu terobosan. Jika di daerah Anda ketela pohon dijual dengan harga yang sangat rendah setiap satu kilonya, maka pada kesempatan ini Anda akan mendapatkan sedikit informasi mengenai cara pemanfaatan ketela pohon dengan baik dan benar sehingga bisa menghasilkan harga jual yang lebih tinggi dan tentu saja lebih layak.

Ketela pohon yang jumlahnya berlimpah tersebut bisa menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan, selain karena bahan baku yang digunakan sangat murah sekali harganya, dengan membangun bisnis rumahan seperti ini akan membantu banyak sekali ibu rumah tangga yang menganggur dan membutuhkan pekerjaan. Bisnis yang sukses sudah tentu akan membutuhkan lebih banyak tenaga kerja sehingga ketika Anda berani membuka bisnis ini, artinya Anda menjadi salah satu agen perubahan yang mampu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang tidak berpenghasilan. Bisnis ketela pohon ini bisa dipilih untuk menghasilkan produk keripik dengan aneka rasa. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, kebutuhan masyarakat luas akan jajanan dan keripik ini masih sangat tinggi sekali namun ternyata hanya sedikit bisnis rumahan saja yang memenuhinya. Maka dari itu, ini kesempatan menarik bagi Anda yang benar-benar ingin menjadi pebisnis dan bersedia untuk bersusah payah merintis bisnis dari angka nol sekalipun. Sekali lagi, ketela pohon berpotensi besar karena ternyata tidak hanya orang Indonesia saja yang menyukainya, namun ternyata keripik ketela pohon juga cocok di lidah para wisatawan. Tidak salah jika mereka juga ikut berburu keripik singkong sebelum pulang ke negara masing-masing.

Dalam memulai sebuah bisnis, sudah tentu cara mengolahnya dan cara memasarkan menjadi dua hal pokok yang benar-benar harus dilakukan dengan banyak sekali pertimbangan dan persiapan yang matang agar bisnis yang dijalankan berjalan dengan mulus dan tanpa halangan. Peluang untuk meraup keuntungan lebih banyak akan semakin besar jika beberapa hal penting Anda kuasai seperti bagaimana caranya membuat keripik singkong aneka rasa yang renyah dan disukai oleh banyak orang, bagaimana caranya memasarkan produk keripik tersebut sehingga setiap harinya mampu menjual dengan jumlah target yang sudah ditentukan, bagaimana cara menjaga kualitas keripik dari segi bahan baku yang digunakan dan dari segi cara pengolahannya. Apakah Anda benar-benar belum mengetahuinya? Jangan khawatir, pada kesempatan kali ini akan kami bahas secara langsung mengenai tips dan trik membuat produk keripik singkong yang memiliki rasa yang renyah, enak, dan tidak ada duanya.

Pertama, bahan yang dibutuhkan adalah singkong yang masih segar yang tentu saja sudah dipisahkan dengan kulitnya, kapur sirih secukupnya disesuaikan dengan jumlah ketela pohon yang akan diolah, dan juga air secukupnya. Selain itu, ada beberapa bumbu yang harus dipersiapkan untuk menciptakan rasa yang luar biasa dan super lezat yaitu dengan menggunakan beberapa bahan berikut ini yaitu garam halus, bawang merah, gula pasir, bawang putih, dan minyak goreng secukupnya disesuaikan dengan ketela pohon yang akan digoreng. Jika Anda ingin membuat keripik dengan banyak sekali rasa, Anda bisa menyiapkan beberapa bumbu penyedap rasa seperti BBQ, rasa asin, rasa pedas, cabe bubuk, balado, ayam panggang, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk kebutuhan pengemasan dibutuhkan plastik bening tebal dengan ukuran menyesuaikan dan pengait atau steples. Berikut ini beberapa langkah pengolahan ketela pohon menjadi keripik yang mungkin langkah-langkahnya bisa Anda praktikkan secara langsung di dapur masing-masing.

Langkah pertama, iris tipis singkong yang tadi sudah dipersiapkan. Pastikan irisan tersebut memiliki ketebalan yang sama sehingga secara tidak langsung Anda membutuhkan alat pemotong ketela pohon. Nah, untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Ternyata ketela pohon yang memiliki kualitas yang baik adalah yang memiliki umur sekitar 3 bulan saja. Selain itu, pastikan memanen dengan cara yang benar yaitu dengan tidak melukai bagian daging atau bagian dalamnya. Jangan sampai memilih singkong yang terlalu tua atau bahkan terlalu muda karena akan mempengaruhi rasa dari keripik tersebut. singkong dengan usia yang sudah terlalu tua juga akan lebih keras dan sukar untuk diiris-iris tipis menjadi lapisan-lapisan keripik. Pastikan sebelum mengirisnya, singkong tersebut sudah direndam terlebih dahulu menggunakan kapur sirih.

Langkah kedua adalah proses penggorengan, setelah singkong diiris tipis maka langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan irisan ketela pohon tersebut ke dalam penggorengan dengan minyak yang sudah panas. Pastikan jika air tidak terlalu banyak yang masuk ke dalam penggorengan. Maka dari itu, akan sangat penting sekali jika irisan tersebut ditiriskan terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam penggorengan. Angkat keripik yang sudah matang tersebut lalu tiriskan. Keripik yang bagus akan memiliki warna sedikit kuning atau sedikit cokelat dan tentu saja renyah ketika dicicipi. Sambil menunggu keripik tersebut benar-benar tidak mengandung minyak karena ditiriskan, buatlah bumbu dengan menggunakan semua bumbu yang sudah dipersiapkan di awal. Bumbu tersebut ditumbuk dan dihaluskan lalu digoreng ke dalam minyak yang tadi digunakan untuk menggoreng singkong.

Langkah ketiga adalah proses pencampuran bumbu dengan keripik. Gunakan wadah dengan ukuran besar seperti baskom untuk mencapurkan rasa. Masukkan semua keripik yang sudah ditiriskan ke dalam baskon tersebut lalu tuangkan bumbu goreng yang tadi sudah digoreng. Selanjutnya aduk rata sampai keripik dan bumbu benar-benar tercampur menjadi satu. Nah, bagi Anda yang ingin memberikan banyak sekali rasa. Pisahkan keripik tersebut ke dalam beberapa baskom kecil. Lalu tuangkan berbagai bubuk rasa di baskom-baskom tersebut. Selanjutnya campurkan sampai rasa benar-benar melekat pada keripik. Nah, setelah semua proses tersebut selesai selanjutnya adalah prose pembungkusan dengan menggunakan plastik bening dan tebal. Dalam memasarkan produk, akan sangat penting sekali Anda bekerja sama dengan beberapa pihak. Lalu bagaimana jika dalam merintis usaha keripik singkong tidak memiliki modal yang cukup? Jangan bingung, Anda bisa melakukan Pinjaman Pribadi Bank dan Non-Bank  dengan beberapa ketentuan yang berlaku. Maka dari itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa istilah atau bahkan secara langsung mengetahui Pengertian Pinjaman dan Istilah Lain dalam Perjanjian Kredit agar Anda bisa memanfaatkan kesempatan baik tersebut untuk bisa mewujudkan bisnis keripik singkong yang selama ini Anda inginkan dan Anda cita-citakan.