Menjaga Kesehatan Keluarga dari Berbagai Penyakit Jasmani Dan Rohani

0
34

Setiap keluarga tentunya mengharapkan memiliki keluarga yang bahagia, sejahtera, dan juga memiliki keturunan yang shaleh dan shalehah. Namun dengan situasi dan kondisi lingkungan yang berbeda, terkadang dapat membuat apa yang diharapkan menjadi banyak ujiannya sehingga tidak sedikit ditemui kenyataan yang terjadi jauh dari haparan atau istilah peribahasa jauh panggangan dari api. Oleh karena itu diperlukan berbagai usaha supaya dapat membuat kesehatan keluarga menjadi terjaga terutam oleh Ibu dari segala penyakit yang bisa menyerang sehingga apapun situasi dan kondisi yang terjadi tetap membuat setiap anggota keluarga dalam keadaan fight mencari kebahagiaan dan kebersamaan baik di dunia ataupun di akhirat nanti. Tidak hanya itu kesehatan akan rohanipun juga wajib untuk dijaga, karena dengan sehatnya rohani dapat berpengaruh juga terhadap kesehatan fisik.

Dalam menjaga kesehatan keluarga tentunya tidak semudah membalikan telapak tangan, banyak rintangan dan halangan yang selalu menjadi penghalang untuk mencapainya. Apalagi untuk mencapai kesehatan dalam rohani tentunya dalam permasalahan yang dihadapi akan lebih banyak lagi, karena kondisi lingkungan dan pergaulan di zaman sekarang yang semakin bebas. Mutlak memerlukan pengawasan yang penuh dari anda sebagai orang tua.

Namun hal tersebut jangan juga menjadikan anda sebagai orang tua mejadi pesimis dalam menghadapinya, karena berbagai resiko di atas jika kita tahu cara dalam menghadapainya, maka semua itu dapat dikurangi atau diminimalisir dampaknya. Dan hal-hal berikut ini dapat menjadi acuan anda dalam menjaga kesehatan keluarga dari berbagai penyakit jasmani dan rohani.

Indikator untuk menjaga keluarga agar tetap sehat

Indikator Checklist
Asupan Makan
Sudah/ Belum
Pola Tidur
Sudah/ Belum
Keharmonisan
Sudah/ Belum
Ilmu Agama Sudah/ Belum

1. Menjaga asupan makanan.

Setiap anggota keluarga harus bisa mengimplementasikan dan saling mengingatkan agar menjaga asupan makanan. Dalam menajalani kehidupan manusia memerlukan makanan sebagai sumber energi untuk beraktivitas. Namun makanan yang bermanfaat tidaklah dapat diambil dari sembarangan mengkonsumsi makanan. Banyak mengkonsumsi makanan yang bergizi secara teratur dan tidak berlebihan dapat menjaga kesehatan keluarga anda. Perhatikan pula asupan nutrisi makanan yang masuk yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh, karena setiap orang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda.

2. Menjaga pola tidur atau istirahat.

Anda dan anggota keluarga juga harus tetap menjaga pola tidur atau istirahat. Memenuhi istirahat yang cukup sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu sehat dan terjaga. Untuk memenuhi kebutuhan akan tidur ini anda dapat memenuhinya dengan istirahat 8 jam perhari. Dengan tidur yang cukup maka dapat membuat daya tahan tubuh meningkat, sehingga akan berdampak sistem imunitas tubuh yang kuat, yang pada akhirnya menghindarkan diri dari berbagai serangan penyakit.

3. Menjaga keharmonisan kehidupan sosial.

Menjaga keharmonisan kehidupan sosial karena kita sebagai makhluk sosialtentunya tidak dapat hidup sendirian tanpa adanya komunikasi atau pergaulan dengan manusia yang lainnya. Oleh karena itu selalu menjaga hubungan dan silaturahmi dengan sahabat, teman, dan juga sesama anggota keluarga dapat membuat keluarga anda menjadi semakin sehat.

4. Perdalami ilmu agama.

Ini bukan hal sepele, perdalam ilmu agama. Selain bertetangga yang baik sebagai manusia yang agamis tentunya dalam memenuhi kebutuhan rohani maka diperlukan juga yang namanya ilmu dan pengetahuan akan agama. Hal ini sebagai penyeimbang akan hidup yang damai dan tenang lahir serta batin. Dengan kebutuhan agama yang terpenuhi maka segala gangguan dan cobaan di luar yang negatif seperti kenakalan remaja, narkoba, minuman beralkohol, dan sebagainya dapat dihindari. Untuk itu mendalami ilmu agama menjadi hal yang sangat penting dalam menjaga kesehatan keluarga secara jasmani dan rohani.

Tinggalkan Balasan