Menghitung Usia Kehamilan Dengan Metode HPHT

0
84

Menghitung Usia KehamilanMenunggu saat-saat kehamilan memang menjadi momen yang tidak bisaditawar lagi, apalagi bagi pasangan muda yang baru pertama kali merasakan hamil, terkadang berbagai kesempatan di usia kehamilan tidak mau terlewatkan begitu saja, mereka ingin mengetahui perkembangan janin yang di kandungnya tumuh dengan sehat tanpa kekurangan satu pun.

Namun, bagi pasangan muda mungkin tidak begitu paham mengenai perhitungan usia kehamilan yang sedang terjadi, ada banyak metode menghitung usia kehamilan yang bisa Anda terapkan, salah satunya dengan metode HPHP atau Hari Pertama Haid Terakhir. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas usia kehamilan dengan metode tersebut.

Dengan menghitung usia kandungan secara tradisional memang banyak dilakukan, apalagi orang tua dulu tidak mengenal peralatang teknologi saat ini untuk mengetahui usia usia kehamilan, mereka menggunakan tanda-tanda pada diri secara alamiah. Untuk lebih jelasnya lagi kita akan mengambil sebuah contoh, jika sekarang tanggal 21 Maret 2017 dan HPHT atau Hari Pertama Haid Terakhir Anda 21 Februari 2017, maka usia kehamilan Anda saat ini yaitu 4 Minggu 1 bulan.

Anda juga bisa menghitung perkiraan hari kelahiran, rumus ini dikenal dengan nama Naegele yaitu bagi yang memiliki siklus menstruasi 28 hari, yitu sebagai berikut:

  • Jika Hari Perkiraan Lahir atau HPL = Tanggal hari pertama haid terakhir + 7, Bulan – 3, Tahun + 1.
  • Jika Bulan tidak bisa dikurangi dengan 3, maka bulan bisa ditambahkan 9 dan tidakada penambahan untuk tahun.
  • Jika Anda memiliki siklus menstruasi selain 28 hari, maka perhitungannya menjadi: HPL = HPHT + 9 Bulan + (lama siklus haid – 21 hari). Maka dapat disimpulkan bahwa usia kehamilan normal Anda sampai lahiran adalah 280 hari sejak HPHT.

Dengan menghitung usia kehamilan Anda secara akurat, baik menggunakan metode tradisional secara alamiah atau menggunakan teknologi tidak ada bedanya, jika ada perbedaan pun tidak begitu berbeda secara signifikan. Dengan begitu, Anda bisa memprediksi usia kandungan sampai waktu kelahiran.

Tinggalkan Balasan