Mengenali  Gejala Tipes dan Larangan Makanannya

0
106
gejala tipes pada anak
gejala tipes pada anak

Tipes merupakan salah satu penyakit paling umum yang diderita oleh manusia, hal itu dikarenakan penyebabnya yang sangat dekat dengan kehidupan manusia, yaitu bakteri. Bakteri Salmonella adalah bakteri yang bisa tumbuh dan berkembang di lingkungan yang kotor, dimanapun itu. Hal itu yang menyebabkan siapapun dapat terkena gejala tipes karena seringnya kita berinteraksi dengan lingkungan kotor. Penyakit ini tentu tidak diinginkan oleh kita, oleh karena itu marilah bersama-sama hidup bersih dan sehat. Tetapi, ada kalanya kita terlanjur terserang penyakit umum ini, bagaimanakah kita harus menyikapinya?

Banyak sekali yang harus dilakukan untuk menyikapi penyakit ini, salah satunya adalah larangan makanan. Makanan harus dijaga dan diatur agar meminimalisir berkembangnya penyakit ini, berikut adalah contoh larangan makanannya :

  • Makanan yang mengandung banyak minyak, contohnya gorengan, kari ayam, sup buntut, minyak hewani, santan, dll.
  • Mengonsumsi minuman yang dapat melukai lambung, contohnya adalah kopi yang berkafein tinggi, minuman bersoda, jeruk nipis dan lemon.
  • Makanan berserat dan pedas yang dapat memicu buang air besar, seperti cabai, sayur mentah, daun papaya, daun singkong, kangkung dll
  • Makanan dan minuman bergas tinggi, seperti soda, buah nangka, durian, alpukat, pisang dan pepaya.

Makanan diatas dianjurkan hanya dilakukan jika anda mengalami gejala tipes seperti dibawah ini :

  • Suhu badan meninggi dan demam tinggi. Hal ini dikarenakan bakteri yang telah masuk dapat merusak metabolisme tubuh sehingga dampaknya menjadi pusing, oyong dan lemas.
  • BAB yang tidak teratur dan cenderung susah hal ini disebabkan karena sakit perut yang dialami bukan berasal dari kotoran yang menumpuk tetapi dari infeksi pada usus besar.
  • Sakit perut, mual berlebihan biasanya merupakan gejala yang paling umum. Hal ini disebabkan karena bakteri yang berkembang di dalam usus akibat makanan kotor yang menjadi sarana masuknya bakteri tersebut.

Penyakit dan gejala tipes sangat mudah dihindari, salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan badan dengan menggunakan sabun dan hand-sanitizer Lifebuoy sebelum beraktivitas. Karena, Lifebuoy memiliki keunggulan untuk membunuh bakteri penyebab tipes, Salmonella.

Tinggalkan Balasan