Manfaat Jeruk Nipis Dalam Aspek Kehidupan

0
278
Manfaat Jeruk Nipis Dalam Aspek Kehidupan
Manfaat Jeruk Nipis Dalam Aspek Kehidupan

Banyak manfaat dari tanaman jeruk nipis. Tanamn ini sudah menjadi tanaman paling bermanfaat untuk segela aspek kehidupan. Buah berbentuk bulat dan berwarna hijau ini sangat mudah diolah dan ditanam di halaman pekarangan. Siapa sangaka jeruk nipis merupakan tanaman paling ajaib baik berguna dalam kesehatan dan kecantikan. Ada hal yang menarik dari tanaman berduri satu ini yaitu sagat bermanfaat untuk rumah tangga. Ada banyak Kandungan  baik di dalam buah lonjong mungil ini. Kandungan zat asam sitrat, flavanoid, mineral, dan serat sangat tinggi, sehingga efektif untuk pengobatan, zat tambahan sabun, bumbu masak dan tanaman obat. Belah dan peras sarinya dan tambahakan sedikit batu es. Minuman segar kaya akan vitamin ditambah lagi sangat efektif untuk mengurangi lemak. Apa saja manfaat buah beraroma asam ini dalam rumah tangga?

Obat Herbal Alami

Kesehatan seseoraang bergantung pada bagaiman cara mereka mengahrgai dirinya. Berterimakasih lah pada tanaman ajaib ini untuk megobati berbagai macam penyakit. Jika tidak punya uang untuk biaya berobat sebaikanya kumpulkan tanaman herbal sebagai alternstif. Khasiat jeruk nipis untuk kesehatan sangat banyak mengobati penyakit berat maupun ringan. Hanya saja belum ada yang memanfaatkan akar dan duri jeruk nipis sebagai media pengobatan. Pemanfaatan buah jeruk sebagai obat alami bisa dicampur ke dalam obat lainnya seprti jamu kuat untuk pria. Atau memeras buahnya dan diminum langsung untuk mengobati gatal tenggorokan. Buah paling banyak khasiat dan mudah ditanamam di pekarangan. Jeruk nipis juga sangat baik untuk mengobati luka, gatal-gatal, diabetes, dan obat pelangsing alami.

Penyegar Alami Dalam Kuliner

Jeruk nipis dapat digunakan sebagai bumbu masak. Resatauran di dunia pasti memilih sitrun untuk menambah kesegeran dalam masakan. Ibu rumah tangga pasti tahu buah rasa asam ini dapat menambah aroma wangi dalam masakan. Tidak hanya buahnya saja yang diperas lalu dimasukan kedalam masakan, namun daunnya juga dapat dimanfaatkan untuk bumbu alami. Jika dirumah tidak ada asam jawa sebagai penambah rasa asam  ke dalam masakan pindang, gunakan perasan jeruk nipis sebagai rasa asam kedalam masakan. Bumbu masak alami dan kesegeran dari rasa asam sangat bak untuk kesehatan dan penambah rasa asam. Anak-anak yang kurang suka ikan dapat memasukan perasan jeruk nipis ke dalam masakan. Artinya keharuman alami dari spesis  tanaman jeruk sangat harum dan penamabah rasa asam yang alami pula. Jika berkunjung ke rumah makan soto, pengunjung akan menemukan irisan kecil-kecil jeruk nipis untuk ditambahkan kedalam kuah agar lebih segar dan nikmat.

Penambah Keharuman Dalam Produk Sabun Pencuci Piring

Kandungan yang baik dalam sabun jeruk nipis juga berkhasiat untuk aspek kehidupan lainnya. Penyebaran bakteri baik dari alat dapur dan kulit dapat dicegah dengan mencuci peralatan dan membilas tangan dengan air besih. Setiap tetes sabun pencuci piring berbahan jeruk nipis dapat menghilangkan bau amis dan noda. Noda piring dari bekas makanan yang menempel dapat hilang dan menghilangkan bakteri jahat dengan bau dari jeruk. Aroma inilah yang membuat perabot dapur menjadi harum dan tidak ada bau yang menempel. Kandungan asam sitrat dan fragrance alami dari jeruk, sabun yang baik untuk pencuci perabot tidak akan menyebabkan iritasi kulit. Sangat aman digunakan dan lebih hemat dengan botol kemasan. Jadi tidak perlu takut dengan noda piring membandel dan beraroma tidak sedap. Gunakan sabun beraroma jeruk nipis sebagai pembersih sehari-hari.