Langkah Bijaksana dalam Meminjam dan Mengelola Hutang

0
69
Langkah Bijaksana dalam Meminjam dan Mengelola Hutang
Langkah Bijaksana dalam Meminjam dan Mengelola Hutang

Meski tak disukai, toh hutang adalah hal yang penting di dalam kehidupan, terutama bagi Anda yang mencari dana untuk menambah modal usaha. Dengan adanya hutang tersebut, Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk menghasilkan uang yang lebih banyak lagi, atau untuk membereskan masalah-masalah seperti membayar rumah atau pendidikan. Apalagi sekarang ini Anda juga bisa membuat jumlah angsuran Anda lebih ringan dengan bantuan dari amalan.id.

Namun meskipun Anda bisa meminta bantuan dari Amalan untuk membantu negosiasi dalam menurunkan jumlah angsuran Anda ketika mengambil kredit atau KTA (Kredit Tanpa Agunan), Anda harus menolong diri sendiri dulu sebelum meminjam dengan memikirkan ini:

Timbang dulu antara penghasilan dan pinjaman Anda. Sanggupkah Anda mengangsurnya nanti? Idealnya, angsuran tak boleh lebih dari 30% pendapatan agar Anda tak keberatan.

  • Lihat dulu jenis hutang yang Anda pinjam. Apakah sifatnya konsumtif atau produktif? Setidaknya dengan yang terakhir itu, Anda bisa mendapatkan tambahan penghasilan.
  • Apakah manfaat yang Anda dapatkan dari meminjam ini setara dengan kesulitan Anda nantinya? Jika iya, urungkan dulu keinginan meminjam.

Jika Anda sudah mengambil kredit atau pinjaman, ini saatnya Anda bersikap bijak dalam mengelolanya dengan cara:

Fokuskan pinjaman untuk melakukan usaha yang produktif, sehingga laba dari usaha tersebut bisa Anda gunakan untuk membayar.

  1. Selalu catat semua pemasukan dan pengeluaran yang Anda lakukan dengan rapi, sehingga mempermudah Anda mengatur keuangan dalam rangka membayar angsuran.
  2. Pisahkan antara dana untuk membayar angsuran dengan dana keperluan pribadi, sehingga kekeliruan pemakaian bisa terhindari.
  3. Dana pinjaman sebaiknya diinvestasikan pada hal yang akan bisa menghasilkan keuntungan, jika seandainya Anda tak menggunakannya untuk usaha.
  4. Jadikan pembayaran angsuran sebagai prioritas nomor satu.

Itulah beberapa hal bijak yang harus Anda pikirkan dan lakukan ketika Anda hendak atau sudah mengambil kredit di bank. Jadi dengan cara ini, Anda sendiri tak perlu kelabakan dalam membayar angsurannya, dan bisa menghindari kredit macet. Dengan demikian, Anda yang menggunakan jasa dari lembaga seperti Amalan.id untuk membantu keringanan hutang bisa mendapatkan hasil yang lebih menguntungkan.

Tinggalkan Balasan