Konsekuensi Membohongi Bank Saat Mengajukan Kredit Pemilikan Rumah

0
104
kpr,pengajuan kpr

Memiliki hunian yang nyaman dan layak memang menjadi impian bagi setiap orang, tetapi tidak semua orang mampu untuk membeli atau membangun rumah secara tunai atau cash. Oleh karena itu beberapa bank menawarkan kredit pemilikan rumah untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok mereka akan tempat tinggal. Tetapi, kredit yang ditawarkan oleh bank tentunya memiliki syarat tertentu, seperti identitas yang lengkap, keuangan yang stabil, serta keadan lainnya. Dalam beberapa kasus, beberapa orang mungkin terpaksa berbohong kepada bank baik dengan cara merekayasa dokumen atau hal lainnya agar pengajuan kredit mereka disetujui. Hal tersebut bukan tanpa resiko, beberapa masalah bisa anda temui jika mencoba untuk mengelabui bank.

Beberapa orang mungkin beruntung dan kebohongannya tidak diketahui pihak bank. Tetapi anda mungkin saja menghadapi situasi yang tidak menguntungkan sehingga kebohongan anda terbongkar. Beberapa kebohongan yang umumnya dilakukan para nasabah yang mengajukan kredit pemilikan rumah adalah menggunakan KTP single padahal sudah berkeluarga, memalsukan laporan keuangan agar keadaan keuangannya terlihat memadai, hingga yang paling parah adalah identitas palsu. Konsekuensi yang harus anda tanggung beragam tingkatannya tergantung dari seberapa berat kesalahan anda. perlu anda ingat disini, bahwa pihak bank berwenang untuk membatalkan kredit secara sepihak apabila anda terbukti bersalah. Bersiaplah untuk kondisi terburuk yakni kehilangan tempat tinggal anda.

Jika hal buruk ini terjadi pada anda, jangan berharap untuk mendapatkan kembali cicilan yang terlah andda bayarkan. Anda justru bisa dituntut biaya ganti rugi hingga hukuman pidana jika kebohongan yang anda lakukan melanggar undang-undang atau hukum lainnya. Bank juga bisa menuntut anda dalam kasus penipuan jika kesalahan anda terbukti merugikan pihak bank. Anda tentunya tidak ingin berakhir di penjara bukan? Oleh karena itu, hindari segala bentuk kecurangan saat mengajukan kredit pemilikan rumah, terutama di Bank BTN. Untuk amannya, Anda bisa mengajukan kredit di bank-bank besar seperti bank BTN misalnya yang akan memberikan kemudahan kredit serta keamanan. Selain itu, sebaiknya hindari segala kemungkinan terburuk agar anda bisa tinggal dirumah impian anda dalam keadaan tenang.

Tinggalkan Balasan