Komunikasi yang Baik Antara Orang Tua dan Anak Dalam Rumah Tangga

0
125

Hubungan antara orang tua dan anak tentu sanganlah erat. Kedua belah pihak tentu saja sangat saling menyayangi dan melindungi. Hal tersebut menjadi salah satu tips rumah tangga agar lebih harmonis. Selain hubungan suami istri, agar hubungan keluarga selalu dalam keadaan yang baik-baik saja atau harmonis, perlu ada hubungan yang baik pula antara orang tua dan anak. Hubungan tersebut dapat dibentuk dengan menjalin sebuah komunikasi. Tak jarang, akibat kesibukan orang tua, hubungannya dengan anak menjadi tidak harmonis. Begitu sebaliknya, anak yang tidak memedulikan orang tua akan mencerminkan anak tersebut memiliki keluarga yang tidak harmonis. Hal tersebut berladaskan bahwa setiap anak haruslah bisa lebih dekat dengan orang tua, dibandingkan dengan orang lain, terutama dari segi emosional. Begitupun orang tua, harus bisa mendekatkan diri dengan anak, jangan sampai melupakan kewajibannya membentuk kepribadian yang baik dalam diri anak akibat kesibukan setiap hari.

Sebenarnya, tips rumah tangga  yang paling utama adalah komunikasi. Komunikasi antara suami dan istri haruslah harmonis. Kemudian komunikasi yang baikpun harus ditanamkan antara setiap anak atau hubungan adik-kakak. Selain itu, komunikasi yang paling utama adalah antara orang tua dan anak harus selalu terjalin dengan lancar. Hal tersebut tentu untuk menghindari masalah antara setiap anggota keluarga. Sering ditemui berbagai masalah antaranggota keluarga, terutama hubungannya dengan orang tua dan anak. Masalah tersebut bisa saja berakibat fatal dan membuat keluarga menjadi tidak harmonis. Komunikasilah kunci utama untuk menghidari masalh atau bahkan menyelesaikan setiap masalah antaranggota keluarga. Di dalam komunikasi tersebut akan ada saling terbuka untuk membicarakan setiap permasalahan secara baik-baik. Kepercayaanpun akan tumbuh dengan sendirinya dengan adanya komunikasi yang intens. Oleh karena itu, perlu ditekankan bahwa setiap anggota keluarga perlu memiliki waktu khusus untuk berkomunikasi dengan anggota keluarga lain, jangan sampai saling mengacuhkan.

Hubungan yang baik akan dibentuk dari komunikasi yang baik pula. Itulah tips rumah tangga  yang perlu menjadi tujuan utama setiap keluarga. Hubungan yang paling erat dan berpengaruh terhadap keharmonisan keluarga adalah komunikasi antara orang tua dan anak. Anak yang selalu mengomunikasikan segala sesuatu dengan orang tua tentu akan merasa lebih nyaman karena orang tua tentu selalu meresponnya dengan positif. Begitu pula orang tua, jika selalu mengomunikasikan kepentingan anak dengan cara yang baik, maka akan membentuk anak yang baik dan penurut.

Tinggalkan Balasan