Kisah Sukses Marihad Simbolon yang Inspiratif

0
58
Marihad Simbolon
Marihad Simbolon

Marihad Simbolon atau yang dikenal dengan Pak Sim, adalah seorang pengusaha sukses. Beliau adalah pendiri PT. Parna Raya, sebuah perusahaan besar yang ada di Indonesia. PT. Parna Raya memiliki banyak sekali anak perusahaan, dengan 5 pilar usaha, yaitu logistic, energi, investasi, infrastruktur migas dan petrokimia. Namun siapa sangka, perusahaan besar ini ternyata diawali dengan 1 unit truk saja.

Pak Sim mengawali bisnisnya pada tahun 1972. Pada saat itu, bisnis yang dijalankannya hanya bermodalkan 1 unit truk yang mengangkut barang-barang dari kapal di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Berkat kegigihannya, dan jiwa pantang menyerah yang melekat pada dirinya, bisnis yang diawali 1 truk kian bertambah hingga berjumlah ratusan mulai dari jenis tronton, heavy duty truck dan trailer. Bisnis transportasinya merupakan embrio bagi Parna Raya Group, karena setelah mengalami kesuksesan di industri transportasi dan logistik, PT. Parna Raya kemudian memiliki sejumlah anak perusahaan yang tersebar di berbagai daerah.

Marihad Simbolon bersama perusahaannya, PT. Parna Raya, kemudian melakukan gebrakan melalui sebuah ekspansi besar. Di mana perusahaan tersebut melebarkan sayap bisnisnya dengan membeli sebuah kapal sebagai tambahan armada laut. Tidak tanggung-tanggung, 3 kapal berhasil ditambahkan sebagai armada perusahaan. Kapal tersebut diberi nama Parnaraya-8, Parnaraya-18, dan Parnaraya-28.

Pak Sim pun sukses mendirikan perusahaan petrokimia yang terletak di kawasan Bontang, Kalimantan Timur, yaitu PT. Kaltim Parna Industri (KPI). KPI adalah pabrik yang mampu menghasilkan amoniak hingga 530.000 mt per tahunnya. Amoniak KPI mampu memenuhi kebutuhan domestik hingga diimpor ke berbagai negara lain. Amonia adalah senyawa kimia yang banyak digunakan untuk pembuatan pupuk dan beberapa produk lainnya. Selain KPI, Parna Raya Group pun memiliki anak-anak perusahaan yang bergerak dalam industri perminyakan dan non-minyak bumi, di mana anak-anak perusahaannya tersebar hingga ke berbagai daerah maupun ke luar negeri.

Itulah sejarah singkat Marihad Simbolon yang akrab dipanggil Pak Sim. Kegigihannya dalam membangun sebuah bisnis merupakan kisah yang sangat inspiratif bagi banyak orang. Khususnya, Anda yang saat ini sedang berjuang dalam menekuni suatu bidang usaha.