Keuntungan Asuransi Syariah

0
321
asuransi syariah kebakaran
asuransi syariah kebakaran

Dewasa ini banyak masyarakat mulai menyadari bahwa seolah mereka harus kembali ke fitrahnya dna mengikuti jalan yang sesuai dengan ajaran islam, begitupun dalam hal ekonomi. Salah satunya dalam memilih asuransi yang menjadi jaminan dan melindungi mereka terhadap resiko yang bisa terjadi di kemudian hari.

Saat ini mulai banyak berdisi perusahaan syariah yang berbasis syariah, salah satunya ada chubb syariah yang merupakan perusahaan asuransi syariah kebakaran dan berbagai musibah lainnya.

Dibandingkan dengan asuransi konvensional, asuransi syariah memiliki kelebihan lain, diantaranya:

asuransi syariah kebakaran
Asuransi Syariah Kebakaran

1. Memiliki konsep tolong menolong

Konsep tolong menolong dalam asuransi syariah adalah dengan menggunakan konsep donasi. Artinya, saat anda membeli asuransi berbaasis syariah, anda mendonasikan sebagian dana untuk mebantu nasabah lain yang sedang terkena musibah. Dalam konsep ini tidak akan ada dana yang hilang selama kita berinvenstasi. Semua keuntungan yang diperoleh akan dibagi secara merata ke keduaa belah pihak sehingga sama-sama merasa diuntungkan, nyaman dan aman.

2. Memakai konsep risk transfer

Pada umumnya syariah memakai konsep risk sharing. Dan risk transfer merupakan konsep yang dipakai konvensional. Konsep ini menjadikan perusahaan asuransi yang sebagai operator asuransi tidak akan mengalami kerugian karena resiko bukan berada di perusahaan. Hal ini memberikan manfaat bagi nasabah dengan adanya kumpulan dana atau premi yang menguntungkan. Hal ini membuat asuransi syariah terasa lebih adil karena sama-sama mendapat keuntungan.

3. Tidak ada istilah hangus

Berbeda dengan asuransi konvensional yang akan hangus jika kita tidak membayar premi sesuai syarat yang telah disepakati. Dalam asuransi syariah hal tersebut tidak akan terjadi, karena nasabah akan mendapatkan uangnya kembali meskipun belum datang jatuh tempo. Hal ini dikarenakan asuransi syariah menggunakan konsep wadiah atau titipan, dimana dana akan dikembalikan ke rekening nasabah.

Itulah bebebrapa keuntungan menggunakan asuransi syariah. Untuk itu pilihlah berbagai produk asuransi di Chub Syariah, salah satunya ada asuransi syariah kebakaran yang akan menjamin dan melindungi anda dari musibah kebakaran dan hal-hal yang akan terjadi di kemudian hari.