Kelebihan dan Kekurangan Memasang Shower Kamar Mandi

0
695
shower kamar mandi
shower kamar mandi

Kebutuhan mandi memang menjadi hal penting bagi setiap orang. Peralatan mandi yang lengkap dan nyaman digunakan membuat mandi menjadi lebih berkualitas. Salah satu peralatan mandi yang kini banyak digunakan adalah shower kamar mandi. Penggunaan shower di kamar mandi sebagai alternatif penggunaan gayung pada bak mandi. Pada beberapa jenis kamar mandi, bak mandi tidak dibuat sehingga akses terhadap air bisa menggunakan shower.

Bila Anda ingin memasang shower di kamar mandi Anda, sebaiknya perhatikan kelebihan dan kekurangannya. Bila kelebihan pemasangan shower lebih banyak dan lebih bermanfaat dibandingkan kekurangannya, maka Anda bisa melakukannya. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan shower kamar mandi yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda:

shower kamar mandi
shower kamar mandi

Kelebihan:

  • Hemat air. Terutama di lingkungan perkotaan yang menggunakan air berbayar, pemasangan shower di kamar mandi adalah langkah yang tepat. Penggunaan air juga lebih hemat tanpa mengurangi fungsinya untuk mandi. Anda bisa lebih menghemat hingga 3x lipat dibandingkan mandi menggunakan bak mandi.
  • Hemat ruang. Pilihan pemasangan shower di kamar mandi sangat tepat bila Anda memiliki rumah tipe minimalis yang memiliki luas kamar mandi yang terbatas. Dengan memilih shower sebagai salah satu alat mandi Anda, Anda bisa meletakkan berbagai kelengkapan mandi Anda dalam satu ruangan. Dengan demikian, Anda tetap bisa memaksimalkan fungsi kamar mandi dengan memasang shower.
  • Hemat waktu. Mandi dengan menggunakan shower terbukti lebih efisien dan praktis dibandingkan mandi menggunakan gayung di bak mandi atau mandi di bath up. Dengan demikian bila Anda terburu-buru, Anda bisa menghemat waktu mandi Anda.

Kekurangan:

  • Boros listrik. Meski menawarkan hemat air, penggunaan shower di kamar mandi memerlukan daya listrik yang lebih besar. Berbeda bila menggunakan bak mandi atau bath up yang menggunakan listrik hanya ketika mengisi air pada bak penampung saja.
  • Kurang nyaman. Mandi dengan menggunakan shower memang sangat praktis, akan tetapi tidak akan senyaman bila menggunakan bath up. Kegiatan membersihkan badan pun kurang puas bila menggunakan shower karena jumlah air yang terbatas.

Anda tinggal menyesuaikan apakah keuntungan memasang shower akan sangat bermanfaat bagi Anda atau tidak. Bila kurang berguna sebaiknya menggunakan cara yang lain saja karena hanya akan menambah pengeluaran. Bila Anda memang benar-benar membutuhkannya, Anda bisa memilih jenis shower yang Anda kehendaki. Terdapat beberapa jenis shower yang bisa Anda pilih, yaitu: hand shower, wall shower, ralling shower dan closet shower.

Hand shower memungkinkan Anda bisa memegang shower ketika menggunakannya. Wall shower dipasang pada dinding sehingga Anda tinggal mengaturnya dan air akan menyembur ke bawah. Ralling shower berbentuk satu set shower yang lengkap dengan tiangnya. Ralling shower bisa menjadi salah satu pilihan Anda dengan ruangan kamar mandi yang lebih lebar. Closet shower merupakan jenis shower yang fungsinya bukan untuk mandi, tetapi untuk kelengkapan closet duduk. Dengan jenisnya yang beragam tersebut Anda bisa memilih jenis shower yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda tidak perlu susah-susah mencari shower kamar mandi karena kini telah banyak dijual di berbagai toko kelengkapan rumah tangga atau di beberapa toko online. Anda tinggal memilih shower mana yang paling cocok Anda gunakan sehingga akan melengkapi kamar mandi Anda. Yang paling penting adalah Anda memilih shower karena memang Anda membutuhkannya sehingga dapat digunakan secara maksimal.