Karakteristik Permainan Olahraga Tradisional

0
58
permainan olahraga tradisional
permainan olahraga tradisional

Permainan olahraga tradisional dan modern memiliki ciri khas yang sangat berbeda walaupun keduanya sama-sama merambah ranah fisik bagi pemainnya serta memberikan kesenangan secara langsung bagi pemainnya. Namun, ada beberapa permainan juga yang hanya mengandalkan pemikiran dan strategi dari pemainnya. Permainan tradisional bisa dimainkan secara kelompok maupun individual.

Dan bahkan permainan tradisional juag memiliki beberapa kategori yang bisa dijadikan sebagai pembelajaran dalam mata pelajan pendidikan jasmani dan rohasi di sekolah-sekolah. Bukan hanya sebagai latihan fisik, namun juga sebagai wujud pelestarian warisan budaya Indonesia kepada anak-anak generasi penerus bangsa, agar tidak memiliki kecanduan terhadap gadget yang tengah meracuni anak bangsa.

Karakteristik dari permainan tradisional adalah yang pertaman merupakan aktivitas mencari kesenangan yang dilakukan oleh orang-orang terdahulu tertamanya anak-anak yag dilakukan secara terus menerus menjadi sebuah tradisi tersendiri untuk tiap-tiap daerah. Sehingga permainan tradisional untuk tiap daerah pastilah berbeda-beda, tergantung kebiasaan dari masing-masing orang-orang terdahulunya seperti apa dan tindaklanjut dari kebiasaan anak-anak terdahulu, apakah permainan tersebut diturunkan dari generasi ke generasi. Selanjutnya, permainan tradisional tidak dikompetisikan ditingkat dunia. Karena biasanya, permainan tradisional hanya dimiliki oleh daerah-daerah tertentu dan belum tentu juga memiliki aturan baku ditiap pelaksanaanya. Bahkan bisa dengan ciri atau nama yang sama, bisa memiliki aturan yang berbeda untuk masing-masing daerahnya.

Di Indonesia, permainan tradisional sangatlah beranekamacam bentuknya dan jenisya bahkan modelnya karena keberagaman tradisi yang timbul karena keberagaman suku bangsa Indonesia. Karena juga memiliki ribuan tradisi yang berbeda-beda di tiap daerahnya. Meskipun begitu, ada beberapa permainan yang memiliki ciri-ciri yang hampir serupa namun namanya berbeda di daerah yang berbeda. Karena mungkin sebenarnya, tradisi dan kebiasaan yang ada di Indonesia itu hampir sama, namun memiliki suku-suku yang cukup banyak, sehingga menimbulkan nama permainan tradisional yang berbeda-beda ditiap suku bangsa yang ada di Indonesia. Pemerintah telah menetapkan beberapa jenis permainan olahraga tradisional melalui lembaga resmi seperti bidang olahraga masyarakat seperti permainan bebetengan, tarik tambang, dan hadang.

 

Tinggalkan Balasan