Indikator Pola Asuh Demokrasi

0
91
pola asuh anak

Anak adalah titipan dari allah swt untuk selalu di jaga dan di didik oleh setiap orang tua yang sudah menjadi kewajiban yang memang harus dilaksanakan. Perkembangan anak akan tidak terasa jika selalu dilakukan oleh hati dalam menjaga amanah yang diberikan tersebut. pola asuh anak untuk anak perlu perhatian yang benar karena dengan seperti itu maka akan membentuk karakter anak menjadi baik seperti yang seharsunya. Berbagai jenis pola asuh bisa di pilih oleh anak namun tentu dalam mendidik anak harus lebih dikedepankan rasa kasih sayang dan pemberian contoh yang baik dari orang tuanya.

Bagi orang tua memilih pola asuh terhadap anaknya menjadi skala prioritas yang memang harus tepat karena itu akan menjadi pembentuk terhadap karakter anak yang kita miliki. ada beberapa pola asuh anak yang ada namun pola asuh demokrasi bisa menjadi pola asuh yang harus di pilih. ada beberaoa indicator pada pola asuh demokrasi ini diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Membuat peraturan dari orangtua lebih luwes
  • Peraturan dalam mendidik anak ini sangat penting dalam membuat peraturannya juga harus ada didiskusikan antara orang tua dan anak dengan menggunakan kata – kata yang baik dan mendidik. Begitu juga hukuman yang akan diberikan jika melanggar peraturan harus dibicarakan dengan anak tersebut.
  • Menggunakan penjelasan dan diskusi menjadi jalan komunikasi orang tua terhadap anaknya.
  • Melakukan penyelesaian yang dewasa menjadi hal yang perlu dilakukan oleh orang tua ketika terjadi ada permasalan baik intern ataupun ekstern dengan lebih menerangkan permasalahan dan dicari penyelesaian dengan diskusi.
  1. Adanya sikap keterbukaan antara orang tua dan anak
  • Diperlukan sikap terbuka antara anak dan orang tua dan melakukan musyawarah jika terjadi sesuatu hal dalam keluarga.
  1. Memberikan pengakuan terhadap anaknya dari orang tua
  • Sebagai orang tua harus mengetahui dan mengakui dengan kemampuan anak yang di miliki serta memberikan kesempatan kepada anak untuk terus mengembangkan keinginan positifnya.
  1. Melatih kemandirian terhadap anak dari orang tua
  • Melatih anak untuk di siplin menjadi salah satu cara dalam pola asuh demokrasi sehingga anak tidak akan tergantung terhadap orang tuanya masing –masing.

Tinggalkan Balasan