Gizi Dalam Makanan Sehat Beserta Fungsinya

0
68
makanan sehat

Sudah menjadi kesepakatan ahli kesehatan, bahwa makanan sehat merupakan makanan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi, lengkap serta seimbang. Kandungan gizi dalam makanan sangat penting, karena dari gizi inilah makanan tersebut bisa berguna bagi tubuh untuk memperoleh kalori, mendukung pertumbuhan dan perkembangan, meningkatkan kecerdasan serta yang paling utama adalah memperoleh kondisi tubuh yang sehat dan prima. Kandungan gizi dalam makanan sehat terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Kelima zat ini lah yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia setiap harinya. Komposisi zat – zat gizi dalam makanan yang kita konsumsi harus seimbang, artinya setiap hari kita tidak boleh mengkonsumsi makanan yang hanya mengandung karbohiodrat, atau protein saja, atau lemak saja bahkan vitamin dan mineral saja.
makanan sehat

Kita membutuhkan kelima zat tersebut yang dikonsumsi secara bersama – sama agar menghasilkan kalori yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan jiwa dan raga kita. Mengapa kita harus mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan gizi lengkap dan seimbang ? jawabannya adalah bahwa zat gizi yang ada dalam makanan tersebut memiliki fungsi yang berbeda – beda bagi tubuh.

Berikut dijelaskan tentang fungsi – fungsi dari zat gizi yang dikandung oleh makanan sehat yang wajib anda peroleh setiap anda mengkonsumsi makanan, yaitu sebagai berikut :

  1. Karbohidrat. Karbohidrat atau disebut juga zat tenaga, yaitu makronutrien yang berfungsi sebagai sumber energi utama untuk beberapa sel seperti sel saraf dan sel darah merah, di dalam organ hati dapat berfungsi untuk mendetoksifikasi zat – zat toksik tertentu.
  2. Protein. Fungsi protein ini antara lain sebagai alat transportasi untuk molekul kecil dan ion – ion dan juga berperan dalam proses penyimpanan, proteksi tubuh dalam sistem imun, membantu dalam koordinasi gerak, sebagai penunjang tubuh seperti pada kulit dan tulang, membantu dalam proses enzimatik, menigirimkan impuls saraf, dan dalam pertumbuhan sel
  3. Lemak. Peran dari lemak ini bagi tubuh adalah sebagai sumber energi yang efektif 2 kali lebih besar dibandingkan dengan protein dan karbohidrat; insulasi panas sehingga menjaga tubuh tetap hangat; sebagai pelindung organ tubuh
  4. Vitamin. Vitamin secara umum diperlukan tubuh untuk proses metabolisme, pertumbuhan yang normal dan membantu menghasilkan energi untuk mendukung kerja dari sel.

Demikian beberapa fungsi zat – zat gizi yang terkandung dalam makanan sehat yang harus anda peroleh setiap hari agar tubuh anda dalam kondisi sehat dan prima untuk melakukan berbagai aktivitas sehari – hari.

Tinggalkan Balasan