E-Procurement Dalam E-Catalog

0
159
E-Procurement Dalam E-Catalog
E-Procurement Dalam E-Catalog

Seiring dengan kemajuan jaman, kemajuan teknologi dan perkembangan sistem dan aplikasi juga semakin maju. Misalnya untuk rekam medis dapat menggunakan jasa MedTek sedangkan untuk pengadaan barang seputar kesehatan termasuk alat kesehatan dan juga obat dapat menggunakan E katalog alat kesehatan. Katalog online yang menyajikan informasi seputar alat kesehatan dan obat dengan spesifikasi dan harga tertentu dapat membantu dalam memberikan transparansi mengenai harga dan alat kesehatan.

E katalog seputar alat kesehatan menggunakan sistem pengadaan barang atau jasa yang menggunakan media elektronik atau yang disebut dengan E-procurement. Dengan adanya sistem ini, proses pembelian dan penjualan secara online dapat menjadi lebih efisien dan juga lebih efektif. Selain itu, sistem ini juga dapat mengurangi proses yang tidak atau kurang diperlukan dalam proses bisnis misalnya untuk pengadaan yang rumit. Pada pelaksanaannya, dengan sistem ini, dapat mengurangi penggunaan kertas, tenaga kerja dan menghemat waktu.

Terdapat 5 prinsip pada e-procurement yaitu :

  • At the right place yang dapat meningkatkan efektifitas dari pengiriman barang sesuai dengan tempatnya.
  • Delivered at the right time misalnya tepat waktu sehingga dapat meningkatkan efektifitas alkes dan obat ke berbagai daerah yang ada di Indonesia.
  • Are of the right quality sehingga dapat meningkatkan efisiensi karena kualitas barang terjamin dan mengurangi kemungkinan detect.
  • Of the right quantity yang memastikan barang sesuai dengan jumlah yang dipesan
  • From the right source yang memastikan barang dari sumber yang benar.

Namun, tidak dapat dipungkiri jika e-procurement yang merupakan ide dari e-goverment terdapat tarik ulur kepentingan. Walaupun e katalog kesehatan yang menggunakan sistem e-precurement yang dapat menjadi contoh inisiatif nasional lainnya namun dalam pelaksanaannya masih harus dilakukan pemantauan sehingga akan mengurangi masalah korupsi yang ada di Indonesia. E katalog untuk alat kesehatan sendiri akan memuat setidaknya 384 jenis alat kesehatan dan obat yang pada umumnya sudah ditender oleh kementrian kesehatan, pemda dan pihak lainnya dan sistem e-catalog untuk obat generik memuat informasi mengenai daftar obat, jenis, spesifikasi, harga satuan terkecil dan juga pabrik penyedia.

Tinggalkan Balasan