Cara untuk menjadi teladan bagi anak

0
37
Sopan Santun
Sopan Santun

Seorang ibu harus menjadi teladan bagi anaknya agar anaknya memiliki sikap sopan santun dan berkarakter hebat di masa depan kelak. Seorang ibu harus mengajarkan anaknya kelemah-lembutan, dan menjadi penyemangat di saat anaknya terpuruk.

Sebagian orang yang menikah ingin memiliki anak. Di sisi lain, menjadi orang tua khususnya ibu bukan hal yang mudah untuk diperankan. Oleh karena itu mulai mempersiapkannya dari sekarang. Sosok ibu menjadi sosok yang sangat berperan penting bagi pertumbuhan dan perkembangan karakter seorang anak memiliki sopan santun.

Karena berawal dari ibu lah kebiasaan – kebiasaan positif dan sopan santun seorang anak dibiasakan. Ibu sangat penting mengajarkan sopan santun kepada anaknya. Karena di era milenia ini, banyak anak yang berpendidikan tinggi tetapi tidak memiliki karakter yang baik. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang harus anda ajarkan pada anak anda supaya menjadi anak yang hebat serta anda pun menjadi ibu yang teladan bagi anak – anak anda.

  1. Mengajarkan kelemahlembutan

Setiap anak harus memiliki sisi kelembutan, baik itu anak laki – laki ataupun perempuan. Karena untuk menghadapi problematikan hidup di masa yang akan datang, seorang anak akan dihadapkan dengan lingkungan yang menuntut kelembutan dan hati nurani mereka. Seorang anak laki – laki yang di didik tanpa seorang ibu akan cenderung menjadi seseorang yang kasar dan kurang peka terhadap diri sendiri serta lingkungan sekitar. Oleh sebab itu, ajarkanlah kelemahlembutan kepada anak mulai dari kecil.

2. Sebagai perekat

Dalam menjalani kehidupan berkeluarga pasti mengalami konflik antar keluarga. Karena setiap anggota keluarga memiliki karakter yang berbeda – beda. Sosok ibu menjadi sosok satu – satunya yang harus berdiri dengan posisi netral. Ibu menjadi seorang yang menengahi dan mendamaikan jika ada antar anggota keluarga berselisih paham. Secara singkatnya ibu dikatakan sebagai perekat hubungan diantara anggota keluarga.

3. Menjadi penyemangat

Semangat seseorang sering naik dan turun. Begitupun semangat seorang anak ketika menjalankan aktifitasnya sekolah atau bekerja. Jika anak sedang malas atau bimbang mengambil sebuah keputusan, peran seorang ibu sangat dibutuhkan. Anda yang menjadi seorang ibu harus mampu memberi nasihat dan menyemangati anak agar memutuskan sesuatu dengan percaya diri. Sosok ibu yang kuat memberi pengaruh yang sangat besar bagi anaknya. Kelak anaknya akan menjadi anak yang sopan santun serta bertanggung jawab.

Tinggalkan Balasan