Cara Merawat Kulit Bayi Bagian Kepala yang Sensitif

0
78
cara merawat kulit bayi
cara merawat kulit bayi

Kulit kepala bayi membutuhkan perawatan khusus serta harus dilakukan dengan lebih hati-hati karena masih sangat rapuh dan lemah. Cara merawat kulit bayi pada bagian kepala terutama dibutuhkan apabila di kulit kepala bayi ditemukan cradle crap atau yang biasa dikenal dengan istilah kerak kulit kepala. Kondisi ini memang cukup menjengkelkan dan juga mengkhawatirkan, terutama bagi orangtua baru yang belum tahu bagaimana cara merawat kulit bayi di bagian kepalanya. Cradle crap sendiri dapat terjadi karena kulit kepala bayi yang terpolusi debu serta udara. Penanganan pertama untuk kerak di kulit kepala bayi adalah dengan membawanya ke dokter untuk kemudian diberi obat khusus. Namun setelah pemberian obat, masih ada perawatan lanjutan di rumah agar cradle crap segera sembuh dan tak terulang lagi.

Cara merawat kulit bayi yang terkena kerak ini setelah diberi obat dokter adalah dengan membersihkannya menggunakan air matang. Penting untuk diperhatikan bahwa membersihkan kulit kepala bayi yang terkena kerak ini tak perlu terlalu keras karena nanti setelah diberi obat akan mengelupas dengan sendirinya. Penanganan kerak di kulit kepala juga bisa menggunakan baby oil. Oleskan baby oil lalu diamkan kurang lebih selama sepuluh sampai lima belas menit. Kemudian pijat lembut kulit kepala bayi dan lanjutkan dengan mencucinya. Jangan lakukan pemijatan terlalu keras karena akan berbahaya jika sampai terjadi infeksi atau pendarahan.

Untuk mencegah kerak terjadi lagi, usahakan kulit kepala bayi selalu sejuk serta kering. Kerak bisa bertambah parah jika kulit kepala bayi mengalami keringat. Jangan terlalu sering memakaikan topi untuk bayi, kecuali jika sedang dalam keadaan sangat dibutuhkan seperti pergi keluar rumah. Lepaskan kembali topi ketika bayi sudah berada di dalam rumah atau di dalam kendaraan. Ini penting agar sirkulasi udara lancar dan bayi tidak akan berkeringat yang bisa berujung pada cradle crap. Cara merawat kulit bayi memang susah-susah gampang, terutama mengingat kulit bayi yang masih sensitif sehingga orangtua harus memilih produk yang tepat. Zwitsal dapat dipilih karena telah teruji serta terbukti khasiatnya dalam merawat kulit bayi.

Tinggalkan Balasan