Cara Menghitung Usia Kehamilan

0
146
cara menghitung usia kehamilan
cara menghitung usia kehamilan

Sebagai langkah dalam menentukan usia kehamilan janin dalam kandungan memang harus ada upaya yang dilakukan agar perkembangan janin dalam kandungan terpantau serta terlihat perkembangannya, namun dalam menghitung usia kehamilan yang tepat memanglah susah, karena ada banyak bumil yang menghitung usia kehamilan dengan berbagai cara, misalnya dengan menentukan sejak hari terakhir menstruasi dll. Oleh karena itu, cara menghitung usia kehamilan yang tepat bisa dilakukan dengan beberapa langkah diantaranya adalah dengan gestational age yaitu panjang waktu kehamilan yang dihitung sejak hari pertama periode haid terakhir atau (HPHT).

Ketika konsultasi pada ahli kesehatan kandungan maka usia kehamilan biasanya akan dinyatakan dan dihitung dalam perhitungan minggu dan hari karena dengan metode seperti itu akan lebih terperinci dibandingkan menghitung kandungan dengan metode bulan. Selama proses kehamilan tentunya perkembangan janin dalam kandungan melalui berbagai fase dan tahap perkembangan pada organ-organ dan tubuh di dalamnya, sehingga pada setiap tersebut membutuhkan perlakuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting bagi setiap ibu hamil untuk mengetahui usia kehamilannya secara akurat dan tepat, agar dapat melakukan upaya yang tepat dalam menjaga kesehatan kehamilannya. Bersama dunia mamy seorang ibu hamil bisa melakukan konsultasi terkait kehamilan, kesehatan kehamilan, perkembangan janin dalam kandungan, kesehatan ibu hamil dll. Oleh karena itu, dengan mengetahui usia kehamilan, maka anda akan menjadi tahu asupan vitamin apa saja yang sangat dibutuhkan pada trimester pertama atau bagaimana cara menjalani pola hidup semasa kehamilan.

Ketika anda sudah mengetahui cara menghitung usia kehamilan maka bisa menentukan untuk bagaimana cara perlakuan ibu terhadap perkembangan janin dalam kandungan, misalnya dengan melakukan cek up melalui USG sebagai penentu dan metode yang tepat dalam menentukan dan menghitung usia kehamilan, dan yang lebih penting lagi melalui USG tersebut anda dapat mengetahui jenis kelamin bayi anda dalam kandungan. Oleh karena itu, cara menghitung usia kehamilan bisa dimulai sejak test kemudian ditentukan perkembangannya melalui USG tersebut.

Tinggalkan Balasan