Ini Dia 3 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alami, Mau Tahu?

0
33
cara menghilangkan ketombe bahan alami
cara menghilangkan ketombe bahan alami

Orang mana sih di dunia ini yang tahan dengan keberadaan ketombe di bagian kulit kepalanya? Ya, seperti yang kita ketahui, bahwa ketombe merupakan masalah kulit kepala yang kerap menimbulkan rasa gatal yang cukup mengganggu.

Selain menimbulkan rasa gatal, tentu saja kehadiran ketombe ini juga dapat mengurangi penampilan kita. Menurut pakar kulit kepala ternama dunia, ketombe itu berupa sel kulit yang sudah mati yang mengering dan mengelupas.

Adapun mengenai beberapa faktor penyebab kulit kepala menjadi berketombe seperti conditioner yang tidak cocok, sering terkena paparan sinar matahari, terkena zat kimia, polusi udara, dan sebagainya.

Baca Juga: Tips Menghilangkan Ketombe Membandel Dengan Bahan Alami

Nah, berbicara soal cara menghilangkan ketombe, berikut di bawah ini ada 3 bahan alami yang terbukti ampuh dalam mengatasi masalah ketombe:

3 Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Bahan Alami

  1. Menggunakan Masker Lidah Buaya

Bahan alami pertama yang ampuh untuk mengatasi masalah ketombe adalah lidah buaya, atau yang lebih dikenal dengan nama aloe vera. Ya, sejak dari dulu tanaman yang satu ini memang terkenal akan khasiatnya, untuk memelihara kesehatan rambut dan kulit kepala.

Mengenai cara membuat maskernya, siapkan 1 batang tanaman lidah buaya, kupas kulitnya, lalu ambil bagian dagingnya yang berupa gel. Selanjutnya aplikasikan pada kulit kepala sambil dipjat-pijat, dan diamkan sekitar 25 menit. Setelah itu bilas lagi kepalamu dengan air sampai bersih.

  1. Menggunakan Masker Buah Jeruk Nipis

Bahan alami kedua yang ampuh untuk mengatasi masalah ketombe, yakni dengan menggunakan buah jeruk nipis. Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan buah mungil yang memiliki rasa kecut ini.

Mengenai cara membuat maskernya, siapkan beberapa butir buah jeruk nipis, kemudian peras airnya. Oleskan air perasan jeruk nipis tersebut ke kulit kepala secara menyeluruh sambil di pijat-pijat, dan diamkan sekitar 25 menitan. Setelah itu bilas lagi kepalamu dengan air sampai bersih.

  1. Menggunakan Garam

Bahan alami terakhir yang ampuh untuk mengatasi masalah ketombe, yakni dengan menggunakan garam.

Kita langsung saja ke cara membuat maskernya, siapkan 2 sendok teh garam, kemudian aplikasikan pada kulit kepala secara merata sambil di pijat perlahan. Diamkan kurang lebih sekitar 15 menit, selanjutnya bilas lagi kepalamu dengan air sampai bersih.

Itulah 3 bahan alami yang dipercaya ampuh untuk bagaimana cara menghilangkan ketombe. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?