Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner

0
96
cara mencegah penyakit jantung
cara mencegah penyakit jantung

Jantung koroner adalah jenis penyakit jantung yang terjadi karena rusaknya dinding pembuluh koroner. Penyakit ini termasuk salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan. Bahkan penyakit yang satu ini sering kali menyebabkan para pemderitanya meninggal secara mendadak. Mengingat berbahayanya penyakit ini, maka ada baiknya jika anda mengenal lebih jauh tentang berbagai cara mencegah penyakit jantung koroner.

            Pada dasarnya terdapat beberapa faktor resiko penyebab jantung koroner. Faktor-faktor tersebut dibagi menjadi dua, yakni faktor yang bisa dan tidak bisa dikendalikan. Faktor yang bisa dikendalikan yakni kolesterol tinggi, obesitas, dan juga tekanan darah tinggi. Sementara faktor yang tidak bisa dikendalikan yaitu jenis kelamin, usia, dan riwayat keturunan keluarga.

            Untuk mencegah dan mengurangi resiko penyakit jantung koroner cobalah untuk mengendalikan berbagai faktor yang memang bisa dikontrol. Dan berikut ini adalah beberapa cara mencegah penyakit jantung koroner yang bisa anda lakukan,

  1. Konsumsi makanan yang bergizi

Yang paling penting dalam mencegah jantung koroner adalah mengatur pola makan. Menu yang baik adalah yang mengandung tinggi serat dan rendah lemak. Selain itu anda juga bisa mengonsumsi berbagai jenis buah dan sayuran yang baik untuk kesehatan tubuh. Untuk mencegah jantung koroner anda juga bisa mengonsumsi gula rendah kalori dari Tropicana. Selain itu, Tropicana juga masih menyediakan berbagai produk yang juga bermanfaat dalam mencegah penyakit jantung dan diabetes.

  1. Olahraga secara teratur

Menggabungkan diet sehat dengan olahraga secara teratur adalah cara terbaik dalam mempertahankan berat badan yang ideal. Karena kelebihan berat badan bisa meningkatkan resiko penyakit jantung koroner. Olahraga dengan teratur akan membuat jantung dan peredaran darah bekerja lebih efisien

  1. Berhenti merokok

Sudah tidak diragukan lagi jika rokok bisa membahayakan kesehatan jantung dan menyebabkan jantung koroner. Hal ini bisa terjadi karena rokok mengandung banyak tar dan juga nikotin yang berbahaya bagi kesehatan tubuh

  1. Menjaga tekanan darah

Menjaga tekanan darah juga bisa mengurangi resiko jantung koroner. Anda dapat menjaga tekanan darah dengan olahraga teratur dan mengonsumsi makanan yang bergizi.

Nah itulah beberapa cara menghindari penyakit jantung koroner yang bisa anda lakukan. Dengan melakukan hal seperti diatas, maka anda bisa menurunkan resiko penyakit jantung koroner yang sangat berbahaya.

Tinggalkan Balasan