Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner Mulai Dari Makanan

0
119
penyakit jantung koroner

Berdasarkan pendapat dari para dokter, hal pertama yang harus dilakukan sebagai cara mencegah penyakit jantung koroner adalah dimulai dari makanan. Perlu diketahui bahwa dengan perkembangan zaman saat ini, sangat sulit untuk mendapatkan makanan yang benar-benar bersih dari bahan kimia. Bahkan untuk makanan yang cepat saji, bahan kimia seperti penyedap atau pewarna merupakan hal biasa yang tidak akan mempengaruhi kesehatan seseorang. Padahal dari bahan-bahan kimia inilah tubuh akan bereaksi sehingga bisa memunculkan potensi terhadap penyakit jantung yang sering membawa kematian tersebut.

Dari penjelasan diatas, sudah sangat jelas bahwa tidak semua makanan yang dijual dipasaran saat ini aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang. Khususnya agar kita bisa terhindar dari penyakit jantung koroner ini, akan lebih baik bila Anda menghindari jenis makanan seperti:

  1. Makanan yang diolah dengan teknik digoreng, sangat cepat dalam memacu kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Oleh sebab itu, setidaknya mulai sekarang Anda harus mulai mengurangi konsumsi terhadap makanan jenis ini,
  2. Makanan dengan kadar lemak yang tinggi seperti daging berlemak, mentega, usus, otak, jeroan dan sebagainya.
  3. Makanan seperti akan mempercepat proses kerusakan jantung yang ujungnya adalah penyakit ini akan menimpa Anda,
  4. Makanan dengan kadar alkohol tinggi, seperti durian juga bisa memicu munculnya penyakit ini.

Sebenarnya penyakit ini ditandai dengan gejala awal seperti hipertensi atau darah tinggi, kadar gula dalam darah yang melebihi normal atau mungkin juga gejala lain. Oleh sebab itulah, sebagai tips mencegah timbulnya penyakit jantung koroner ini sangat dianjurkan agar kita juga mengkonsumsi makanan berikut:

  1. Makanan dengan kandungan omega 3 yang tinggi seperti minyak ikan, buah-buahan serta sayuran,
  2. Makanan dengan olahan yang direbus, akan lebih aman dan mempunyai cita rasa alami.

Selain menjaga dari sisi makanan, agar seseorang bisa terhindar dari gejala penyakit jantung ini, ada baiknya mulai melakukan aktivitas olahraga secara rutin. Dari olahraga inilah nantinya tubuh akan bereaksi secara positif membentuk antibodi secara alami dan meminimalkan kemunculan penyakit ini. Inilah beberapa cara mencegah penyakit jantung koroner melalui makanan yang mungkin bisa memberi pencerahan pada Anda.

Tinggalkan Balasan