Cara dan Langkah Memandikan Bayi yang Baru Lahir

0
31

Saat bayi baru lahir sebaiknya jangan langsung dimandikan, yang terbaik dilakukan adalah bayi langsung menyusu atau melakukan inisiasi. Bila kita langsung memandikan bayi saat baru lahir ini kurang baik sebab refleks bayi untuk menyusui akan berkurang, selain itu juga untuk mencegah terjadinya hipotemia pada bayi. Cara memandikan bayi yang baru lahir anda bisa melakukan langkah-lahkah berikut ini :

Sebelum memandikan bayi siapkan dulu beberapa perlengkapan berikut :

  1. Bak mandi bayi
  2. Air hangat (suam kuku)
  3. Waslap yang lembut
  4. Kasa steril
  5. Alkohol 70%
  6. Cutton bud dan kapas
  7. Handuk kering
  8. Sabun dan shampo bayi
  9. Baby oil, minyak telon, bedak
  10. Pakaian bayi

Cara memandikan bayi yang baik :

– Letakan perlengkapan untuk mandi bayi di tempat dimana bayi akan dimandikan

– Isi bak mandi bayi dengan air hangat (suam kuku), untuk mengecek air apakah terlalu panas atau tidak gunakan sikut anda. Hal ini untuk menjaga agar air tidak terlalu panas, karena kulit bayi masih sangat sensitif jadi anda harus benar-benar perhatikan hal ini.

– Buka pakaian bayi dengan hati-hati, dan biarkan kasa yang membungkus tali pusar.

– Angkat bandan bayi dengan hati-hati letakan bayi dalam bak mandi dengan disangga oleh tangan kiri anda, pegang ketiak bayi serta jangan sampai tali pusar terendam oleh air.

– Bersihkan bagian badan bayi dengan menggunakan waslap yang lembut yang telah anda basahi dengan air hangat, lakukan dengan hati-hati.

– Bersihkan juga bagian lipatan pada kaki, lengan serta leher bayi sebab daerah ini banyak menyimpan kotoran.

– Siapkan waslap yang telah diberi sabun bayi lalu gosok dengan perlahan badan bayi sampai merata.

– Basuh kembali tubuh bayi dengan waslap yang lain hingga bersih dari sabun, hati-hati jangan sampai menyenggol bagian tali pusar bayi.

– Bilas rambut bayi serta beri shampo bayi, bersihkan kembali dari shampo sampai bersih dengan hati-hati. Keramasi bayi 2 kali dalam seminggu.

– Jika bayi telah bersih angkat dari bak mandi, letakan bayi pada handuk yang telah disiapkan, keringkan badan bayi dengan cara menakan lembut handuk ke badan bayi. Ingat jangan dengan cara mengosok-gosokan handuk untuk mengeringkan badan bayi.

– Ganti kain kasa dengan kain kasa baru yang telah dibasahi dengan alkohol 70%, bila perlu bersihkan dulu sengan cuttonbud.

– Usapkan baby oil, minyak telon serta bedak.

– Kenakan pakaian dengan hati-hati jangan sampai menyenggol tali pusar.

Tinggalkan Balasan