Cara Berobat Menggunakan Kartu BPJS Tanpa Ribet

0
111
bpjs kesehatan

Berobat menggunakan kartu BPJS merupakan salah satu cara yang paling mudah dan murah karena kartu ini dikeluarkan atas kebijakan pemerintah. Di samping itu tak sedikit pihak instansi kesehatan yang telah bekerja sama dengan BPJS atau yang artinya ialah semakin mudah untuk Anda dalam pengobatan dimana saja. Agar lebih mempermudah proses perawatan tersebut, pastikan pula bahwa Anda tahu akan bagaimana cara berobat menggunakan kartu BPJS itu. Sehingga saat akan berobat dapat menggunakannya tanpa bingung lagi.

Percuma bilamana mempunyai kartu BPJS namun tak dapat menggunakannya, bukan? Untuk lebih mendukung penggunaan kartu ini, Anda bisa mempersiapkan beberapa perlengkapan dokumen. Di samping itu, perlu beberapa langkah seperti berikut ini:

  1. Memilih layanan yang memiliki ikatan kerja dengan BPJS.

  2. Menanyakan kembali adanya kerja sama dengan BPJS atau tidak bila kurang yakin.

  3. Fotokopi KK, KTP dan kartu BPJS.

Menanyakan kembali syarat dan prosedur yang harus dilakukan untuk pengobatan dengan BPJS.

Dapat dikatakan bahwa cara berobat dengan kartu BPJS dari satu tempat dengan lainnya tak selalu sama. Namun, sebagian besar memerlukan kelengkapan fotokopi tersebut sebagai syarat dokumen. Untuk menghindari kerja dua kali yang ribet, Anda bisa mempersiapkan dokumen tersebut terlebih dahulu. Bila perlu fotokopinya di rangkap hingga 4 atau 5 kali. Tujuannya ialah bila sewaktu-waktu dibutuhkan telah siap dan tak perlu pergi memfotokopi terlebih dahulu. Proses pengobatan ini akan semakin lebih mudah dan simple bilamana Anda bersedia bertanya kepada petugas administrasi untuk memastikan semua syarat dan prosedurnya.

Satu instansi kesehatan yang sama-sama bekerja sama dengan BPJS akan memiliki syarat yang berbeda-beda. Untuk itu, pastikan kembali kelengkapan syarat seperti dokumen atau fotokopi tersebut telah siap. Selanjutnya bisa menanyakan cara berobat menggunakan kartu BPJS dengan instansi tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kepastian dari langkah-langkah yang harus dilalui oleh setiap pasien yang menggunakan kartu tersebut. Dengan begitu, perawatan yang dilakukan akan mendapati keringanan biaya, bahkan pengobatan dengan kartu bpjs ini berlaku untuk rawat jalan dan inap.

Tinggalkan Balasan