Beberapa Tips Mengatur Keuangan Keluarga

0
55
Beberapa Tips Mengatur Keuangan Keluarga
Beberapa Tips Mengatur Keuangan Keluarga

Mengatur keuangan keluarga dengan cara yang tepat dan juga bijaksana, tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan dalam mengarungi kehidupan keluarga. Misalnya bisa menjauhkan dari hal-hal yang mungkin menjadi beban, seperti hutang sana hutang sini untuk menutupi semua kebutuhan, atau hal-hal lainnya. Namun semua itu tidak akan terjadi jika tidak dilakukan bersama, artinya anda dan pasangan anda membuat manajemen keuangan keluarga. Seperti menentukan siapa yang akan menjadi manajer dalam mengelola keuangan, atau membuat perencanaan yang matang seperti mendahulukan kebutuhan bersama daripada keinginan sendiri-sendiri.

Mengatur keuangan keluarga memang bukanlah hal atau perkara yang mudah, disini dibutuhkan pemahaman yang bijak antara suami dan istri dalam menggunakan anggaran rumah tangga. Dan kali ini saya akan mencoba memberikan beberapa tips untuk pasangan muda atau keluarga yang baru menikah dalam hal mengatur pengelolaan keuangan keluarga, yaitu:

Pertama, membuat daftar apa yang menjadi kebutuhan utama untuk keluarga. Dalam hal ini suami dan istri menentukan bersama apa yang menjadi kebutuhan pokok atau kebutuhan mendasar yang memang dibutuhkan untuk kepentingan keluarga. Dengan membuat perencanaan atau daftar kebutuhan keluarga, maka anggaran rumah tangga akan bisa terkontrol dengan baik. Artinya pengeluaran untuk kebutuhan bisa disesuaikan dengan pendapatan. Termasuk kebutuhan untuk memanjakan diri dalam waktu yang tidak terlalu sering.

Tips selanjutnya adalah menetapkan tujuan yang pasti. Maksudnya yaitu anda dan pasangan anda memiliki tujuan atau cita-cita finansial yang pasti. Dalam menentukan tujuan atau cita-cita finansial ini diharapkan untuk hal yang memang bersifat realistis, terarah dalam kurun waktu yang tertentu. Misalnya jika anda belum memiliki rumah sendiri, anda bisa memasukan hal tersebut dalam menetapkan tujuan atau cita-cita finansial yang anda buat. Atau bisa juga dengan merencanakan untuk kebutuhan masa depan anak, termasuk dalam hal pendidikannya.

Tips yang berikutnya adalah meminimalisir belanja sesuatu yang kurang dibutuhkan. Maksudnya yaitu anda atau pasangan anda sebisa mungkin memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan dasar. Intinya adalah bisa membedakan apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan.

Tinggalkan Balasan