Bahaya Diare Pada Anak

0
129
Diare Pada Anak
Diare Pada Anak

Diare adalah suatu penyakit yang terjadi di dalam perut dimana penyakit ini diakibatkan oleh bakteri atau kuman yang tertelan manusia ketika mengkonsumsi makanan atau minuman yang sembarangan. Sehingga ketika kuman dan bakteri itu bereaksi di dalam perut maka akan menjadikan tinja encer. Indikasi dari penyakit ini biasanya mules di perut, dan buang air besar menjadi sering. Diare dapat menjangkit siapapun, termasuk anak – anak. hal ini pastinya sangat mengkhawatirkan. Sebab diare pada anak tidak bisa dianggap sepele apalagi dibiarkan terlalu lama.

Jika diare pada anak diabaikan oleh orang tua, bisa jadi sang anak akan mengalami dehidrasi yang diakibatkan oleh seringnya sang anak buang air besar. Menurut riset para pakar kesehatan, diare juga merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Sehingga diare menjadi sebuah penyakit yang apabila tidak ditangani dengan cepat dan tepat akan mengakibatkan kematian juga. Oleh sebab itu ibu harus mengenali betul gejala – gejala yang timbul ketika sang anak terjangkit penyakit diare.

Jika anda tidak memahami gejala – gejala yang timbul ketika anak anda mengalami diare, maka anda tidak akan bisa mengambil tindakan yang cepat dan benar. padahal bahaya diare pada anak itu sangatlah tinggi. Selain mengakibatkan dehidrasi, sang anak juga akan kehilangan banyak nutrisi tubuh yang seharusnya diserap oleh tubuh namun malah harus dikeluarkan melalui tinja. Jika sang anak kehilangan nutrisi dengan begitu banyaknya, otomatis system metabolisme anak juga menjadi terganggu.

Anak akan kehilangan berat badan dan juga gizi bagi perkembangan tubuh. Selain itu juga diare menyebabkan anak kehilangan tenaga, karena ketika diare pastinya cairan tubuh akan terkuras akibat banyak cairan yang keluar melalui tinja dan juga keringat. Selain itu juga sang anak harus bolak – balik ke toilet untuk buang air besar. Lalu diare juga menimbulkan sakit dan stress pada anak ,sehingga kita selaku orang tua harus segera menenangkan anak yang sedang diare. Untuk itu sebelum anak anda terjangkit diare, mari cegah bahaya diare dengan memberikan asupan yang sehat dan bergizi kepada anak.

Tinggalkan Balasan