Bagaimana Membedakan Kopi Arabika Dan Robusta?

0
146

Berbicara tentang kopi, bagi orang awam mungkin akan sulit memahaminya. Pasalnya, ada banyak sekali jenis kopi didunia ini. Namun, diantaranya semuanya, Arabika dan Robusta adalah dua jeni kopi yang terkenal. Sayangnya, sebagai orang awam kita masih mengalami kesulitan dalam membedakan kedua jenis kopi ini.

Yang mana Arabic Coffee dan yang mana Robusta Coffee? Berikut ini adalah penjelasan singkatknya.

  1. 1.  Perbedaan diantara keduanya dapat dilihat dari wilayah asal biji kopi itu tumbuh. Kopi Arabika biasanya tumbuh diketinggian 700 hingga 1700 mdpl dengan suhu rata – rata 20 derajat celsius. Sedangkan kopi Robusta tumbuh diwilayah yang lebih tropis seperti Indonesisa, filipina, hingga columbia.
  2. 2.  Selain itu, dari tekstur biji kopinya pun nampak sangat berbeda dimana kopi robusta memiliki tekstur biji yang lebih kasar dari pada arabika.
  3. 3.  Rasanya pun memiliki perbedaan. Kopi arabica memiliki rasa yang lebih beragam. Kita dapat menemukan aroma lembut, manis, dan tajam pada jenis kopi ini. sedangkan, kopi robusta aromanya lebih netral. Oleh karena itu, tak mengherankan jika harga kopi arabica jauh lebih tinggi dibanding dengan robusta

Meskipun demikian, para pecinta kopi sejati tentunya harus sudah mencoba berbagai macam jenis kopi, termasuk dari arabica dan robusta. Meskipun kopi robusta lebih murah, tidak berarti rasanya tidak nikmat. Setiap kopi justru memiliki sensasi rasanya tersendiri dan pecinta kopi sejati pasti tahu persis akan hal itu.

Oleh karena itu, jika anda juga penasaran dengan rasa yang dimiliki robusta dan arabica, anda bisa segera membelinya di elevenia dengan sangat mudah.

Tinggalkan Balasan