Bagaimana Cara membuat kalender Meja yang mudah Menggunakan aplikasi CorelDraw?

0
74

Hello guys, disini saya akan menjelaskan pada kalian tutorial tentang bagaimana membuat kalender meja yang mudah. Disini saya akan menjelaskan dengan aplikasi pengolah grafis yang sangat umum digunakan yakni CorelDraw.

Sebelum kita mulai, hal-hal yang perlu dipersiapkan antara lain adalah:

  1. Laptop atau komputer
  2. Aplikasi CorelDraw (boleh versi berapapun)
  3. Gambar yang akan kita jadikan background kalender

Langkah-langkahnya adalah:

  1. Buka aplikasi CorelDraw  dan buat New Project
  2. Ubah posisi kertas dari Portrait (berdiri) menjadi Landscape (tidur)
  3. Ubah ukuran kertasnya menjadi 20 cm x 15 cm atau bisa disesuaikan seuai selera (bisa besar maupun kecil)
  4. Import gambar untuk background yang telah kita siapkan tadi dengan cara klik File -> Import kemudian cari file gambarnya.
  5. Apabila sudah diimport, sesuaikan ukuran gambarnya dengan ukuran kertas, bisa dengan me-resize nya atau bisa juga dengan cara cropping. Terserah yang penting bisa sesuai. 
  6. Klik pada gambar, nah disini kita akan  membuat gambarnya sedikit transparant agar angka-angka tanggalnya bisa terlihat jelas. Caranya adalah setelah kita klik gambar, lalu klik tools Interactive Transparancy Tool, terletak dibagian tools menu sebelah kiri.
  7. an transparan model gradasi yakni dengan cara memilih mode Uniform Transparancy. Model ini biasanya terletak disebelah atas tools pick (tanda panah) atau dibawah simbol  “save”. Apabila sudah dipilih kita bisa menyesuaikan seberapa transparannya gambar tersebut.
  8. Perlu diingat untuk pengaturan transparansinya bahwa semakin ke kiri (semakin kecil angkanya berarti semakin transparan gambarnya, sebaliknya, semakin ke kanan kursornya, semakin solid warnanya. Untuk gambar ini saya pilih di angka 70% nan saja.
  9. Langkah berikutnya adalah membuat isi kalendernya, pertama klik menu tools yang ada di bagian menu bar. Klik menu “Macros” kemudian pilih “Run Macro”
  10. Pada tampilan dialog menu macro tersebut, kita pilih Menu “Macros in” dan pilihlah model “Calendar Wizard”
  11. Lalu kita pilih bulan utama yang akan kita buat untuk kalendernya, disini saya pilih bulan Juni.
  12. Kita bisa merubah tampilan kalender sesuai keinginan kita, kreasikan imajinasi kamu buat dapatin gambar yang sesuai. Editing layot kalender adalah melalui menu Layout, kemudian melalui submenu-nya juga seperti Header dan body.
  13. Kita bisa menambahkan tambahan seperti tanggal merah atau hari libur nasional secara manual dengan cara klik menu “Holiday” dan masukkan tanggal liburnya.
  14. Terakhir kita klik “Generate” untuk membuatnya, tunggu, dan muncul hasilnya seperti ini

Nah itu dia langkah langkah membuat kalender meja, jika kalian tidak ingin terlalu ribet, kalian bisa menggunakan jasa dari Maucetak.com dimana maucetak bisa membuatkan kalian kalender meja dengan kualitas jempolan.

Apabila dirasa tanggalnya belum terlihat atau kurang terlihat, kita bisa lebih mentransparankan backgroundnya dengan cara seperti diatas tadi.  Bisa juga kita kreasikan dengan menambah gambar, emoticon atau hiasan lain untuk mempercantik tampilan kalender ini.

Tinggalkan Balasan