Asuransi Syariah Kendaraan Bermotor 

0
56
asuransi syariah kendaraan

Masyarakat Indonesia saat ini masih banyak yang belum merasakan manfaat asuransi. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya ialah minimnya pemahaman masyarakat mengenai asuransi.

Padahal, jika dipahami secara baik-baik, asuransi dapat menjadi salah satu bagian dari manajemen risiko yang memberikan perlindungian terhadap aset dari kerugian yang akan mempengaruhi keuangan si pemilik asuransi.

asuransi syariah kendaraan

Salah satu aset yang penting untuk dilindungi adalah kendaraan bermotor. Asuransi kendaraan bermotor yang saat ini tersedia bagi masyarakat Indonesia terbagi menjadi dua pilihan, yakni asuransi syariah kendaraan bermotor yang  pengelolaannya dilakukan sesuai prinsip asuransi  konvensional dan asuransi kendaraan bermotor yang pengelolaan asuransinya dilakukan sesuai prinsip  syariah.

Berbagai macam risiko yang ditanggung kedua pilihan asuransi kendaraan bermotor tersebut sebenarnya sama – tidak hanya terbatas pada risiko kecelakaan, melainkan juga memberikan perlindungan atas risiko-risiko lainnya seperti kebakaran, bencana alam, pencurian hingga risiko tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga. Namun, tentu saja kedua pilihan asuransi tersebut memiliki perbedaan.

Artikel yang kami sajikan kali ini bertujuan untuk memberikan sedikit gambaran mengenai keuntungan memiliki asuransi syariah kendaraan bermotor, jika dibandingkan dengan asuransi kendaraan bermotor yang bersifat konvensional.

Beberapa keunggulan asuransi kendaraan bermotor yang bersifat syariah antara lain:

  1. Menyediakan perlindungan terhadap risiko kerugian yang sama seperti asuransi kendaraan bermotor yang bersifat konvensional, namun yang bersifat syariah mengikuti prinsip hukum Islam berdasarkan fatwa yang dikeluarkan oleh Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).
  2. Adanya sistem bagi hasil sesuai syarat dan ketentuan polis, yang tidak dimiliki oleh asuransi kendaraan bermotor yang bersifat konvensional.

Salah satu perusahaan asuransi umum syariah di Indonesia yang menyediakan asuransi kendaraan bermotor adalah Chubb Syariah. Perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 2010 ini memberikan berbagai nilai tambah bagi Peserta asuransi kendaraan bermotornya, mulai dari layanan klaim yang cepat dan tepat, berbagai perluasan jaminan, hingga adanya Chubb Auto Assist yang akan membantu Peserta kapanpun dan dimanapun musibah terjadi.

Segera lindungi kendaraan bermotor Anda dengan produk asuransi dari Chubb Syariah, langkah tepat penghapus kekhawatiran Anda terhadap berbagai macam risiko.

Tinggalkan Balasan