Apa Itu Email Marketing?

0
85
Promosi Online
Promosi Online

Ketika melakukan promosi online selain dengan menggunakan media sosial, dapat pula dilakukan dengan cara melakukan email marketing. Cara pemasaran atau promosi tersebut biasanya dipergunakan oleh perusahaan atau kelompok tertentu, biasanya merupakan perusahaan besar, untuk memberikan informasi terbaru atau pembaharuan yang berhubungan dengan kelompok tersebut atau perusahaan tersebut. Pemasaran tersebut dapat dilakukan oleh staff atau dengan meminta bantuan dari pihak ketika misalnya Partner Iklan untuk membimbing.

Pengiriman informasi yang berhubungan dengan perusahaan tersebut sebagai salah satu promosi secara online berdasarkan pada persetujuan dari pemilik account email tujuan. Perusahaan akan memiliki list atau daftar dari pelanggan yang setuju untuk mendapatkan pembaharuan sebelumnya sehingga email yang dikirim tidak akan dianggap sebagai spam atau email yang mengganggu. Cara ini akan lebih menghemat pengeluaran karena tidak memerlukan biaya promosi yang banyak.

  • Beberapa keuntungan penggunaan email marketing diantaranya yaitu:
  • Bagi pelanggan, akan mendapatkan pembaharuan dari website tersebut langsung tanpa perlu takut jika website tersebut merupakan website palsu.
  • Bagi pemilik website, akan menghemat pengeluaran
  • Bagi pemilik, akan mendapatkan data yang lebih akurat sehingga dapat digunakan untuk membangun bisnis atau usaha yang sedang dikerjakan. Hasil respons yang dikirimkan ke list, akan memberikan hasil yang lebih akurat untuk bisnis Anda sehingga Anda tidak perlu terlalu repot jika ingin melakukan survey.
  • Penggunaan yang bertanggung jawab dan lebih efisien karena dikirimkan melalui persetujuan sehingga tidak akan mengganggu dan menjadi spam.

Dengan cara menggunakan email marketing sebagai salah satu cara untuk melakukan promosi online, secara tidak langsung perusahaan atau pihak pemilik web tersebut akan mampu untuk membangun hubungan yang baik dengan para pelanggannya. Email yang dikirimkan tidak hanya berupa produk atau jasa yang ditawarkan atau yang terbaru, namun juga dapat berupa tips, atau mengenai informasi yang masih berhubungan dengan produk atau jasa tersebut. Dengan cara ini pula, Anda dapat membantu untuk mempertahankan pelanggan lama Anda dan dapat menarik pelanggan yang baru.

Tinggalkan Balasan