Aman Menggunakan Internet Banking, Perhatikan Hal Berikut!

0
53

Internet Banking bisa jadi sudah bukanlah hal yang asing bagi para pengguna Internet. Kamu mungkin sudah paham betul bagaimana cara melakukan transfer, pembelian ataupun pembayaran melalui akun Internet Banking yang kamu miliki. Bahkan, kamu sudah hafal betul alamat situs dari rekening bank yang kamu miliki untuk mengakses fasilitas banking melalui Internet ini. Sebagai contoh, Bank BNI menyediakan laman ibank BNI yang berada pada laman ibank.bni.co.id. Sudah ‘hafal mati’, kan?

Meski demikian, tak ada salahnya bagi kita semua untuk kembali mengoreksi diri apakah sudah benar-benar aman menggunakan Internet Banking? Mari simak beberapa tips aman berikut, perhatikan beberapa hal penting berikut ini:

Tips Aman Menggunakan Internet Banking

  1. Jaga privasi

Hal pertama yang benar-benar harus kamu pastikan adalah hal-hal privat seperti user ID, password dan PIN token yang kamu miliki. Ada baiknya untuk tidak membagikan hal-hal bersifat privasi tersebut kepada siapapun dan menyimpannya baik-baik.

Untuk itu tidak ada salahnya agar selalu memperbarui password secara berkala. Plus, jangan lupa untuk gunakan password yang cukup sulit namun bisa kamu ingat. Padukan antara karakter huruf, angka dan / ataupun simbol.

  1. Pastikan website bank

Tak kalah harus diperhatikan adalah pastikan website bank yang kamu tuju memang benar-benar website resmi dan tak salah ketik. Tadi di paragraf awal telah disinggung bahwa situs web Internet Banking BNI. Beberapa contoh lainnya adalah ibank BCA yang bisa kamu akses di laman https://ibank.klikbca.com. Biasanya situs web bank menggunakan “https” dengan ikon “gembok” di kiri atas dimana identitas situsnya juga jelas.

Selain itu, ada baiknya untuk tidak mengklik link yang tidak jelas dari e-mail yang tidak diketahui ataupun dari sumber yang tidak dikenal llainnya. Jika ada yang meminta informasi pribadi kamu, jangan berikan jawaban. Perlu diketahui saja, bahkan customer service di bank tak boleh tahu apa password Internet Banking yang kamu miliki dari rekening yang kamu miliki saat ini.

  1. Jangan sembarangan akses

Fasilitas Wi-Fi sekarang sangat mudah ditemukan dan diakses namun jangan hanya karena berlabel “gratis”, kamu malah menggunakannya secara sembarangan tanpa was-was. Beberapa penyedia Wi-Fi gratis kadang kala memiliki wewenang untuk menyimpan history kamu di Internet melalui jaringan mereka. Jadi, ada baiknya untuk tidak sembarangan mengakses akun Internet Banking yang kamu miliki dari mana saja. Lebih baik gunakan koneksi yang kamu miliki sendiri.

Ada satu lagi yang mungkin kelihatannya sepele, gunakan perlindungan terhadap virus di perangkat kompiter yang kamu miliki, ya! Ini karena bisa saja kamu tak sengaja membuka laman ataupun aplikasi yang ternyata membawa virus ke perangkat yang kamu miliki.

Jadi, mulai sekarang, bijaklah menggunakan dan mengakses akun Internet Banking yang kamu miliki!

Tinggalkan Balasan