7 Tips Perawatan Perangkat Hubung Bagi (PHB) Listrik

0
192
7 Tips Perawatan Perangkat Hubung Bagi (PHB) Listrik
7 Tips Perawatan Perangkat Hubung Bagi (PHB) Listrik

Listrik merupakan salah satu kebutuhan mendasar dalam setiap aktivitas baik itu di rumah, kantor, tempat usaha semacam pabrik, dll. Berbicara mengenai listrik, tentunya kita turut membicarakan perangkat penghubung listrik. Perangkat hubung listrik ini sejatinya bisa berupa, box, panel listrik dan lemari. Dalam perawatan sehari-hari, beberapa hal ini mesti diperhatikan, agar sambungan listrik anda tetap lancar.

  1. Seluruh bagian yang terdapat dalam panel hendaknya bisa dirawat atau dipelihara dengan baik. Hal itu agar panel selalu bagus dalam menjalankan aktivitasnya, dari mulai: pengaman, pelindung dan perlengkapan lainnya yang berhubungan dengan panel.
  2. Setiap barang tentunya memiliki waktu untuk tetap berjalan sesuai fungsinya dengan maksimal, begitupun pada panel. Kehausan, penuaan dan kerusakan merupakan bagian yang biasa ditemui dalam peliharaan. Untuk itu panel harus selalu di cek, jika ada kerusakan komponen hendaknya diperbaiki atau di ganti.
  3. Salah satu yang harus selalu di cek seperti relai. Bagian ini biasanya sering kali ada problem, keausan, penuaan dan kerusakan bisa disebabkannya. Untuk itu bagian ini senantiasa di cek dan di uji agar panel tetap maksimal.
  4. Penggunaan magnet dalam bentuk apapun hendaknya dijauhkan ketika sedang bekerja. Misalnya, perabotan kerja yang terbuat dari magnet. Hal itu untuk menghindari saling taik-menariknya dengan bagian listrik yang memiliki medan magnet.
  5. Perlengkapan di dalam box panel hendaknya diperhatikan secara betul-betul. Misalnya, jika hendak memperbaiki dengan cara membongkar, hendaknya setelah pekerjaan selesai di tempatkan lagi sesuai letak semula. Hal ini tentunya berpengaruh pada keamanan dan agar tidak hilang.
  6. Pemeriksaan dan pembersihan panel hendaknya dilakukan secara kontinyu dan memperhatikan aturan. Baik itu petunjuk, metode, ataupun cara kerja yang telah di tentukan.
  7. Pencatatan merupakan salah satu bentuk laporan yang nyata. Dengan mencatat hasil laporan perawatan, segala sesuatu nya bisa dilihat dan memudahkan untuk perawatan selanjutnya.

Dari ketujuh hal diatas, perawatan perangkat hubung bagi listrik anda akan di mudahkan. Perangkat hubung ini biasanya berupa box, panel listrik maupun lemari.

Tinggalkan Balasan