7 Langkah Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Saat Masa-Masa Emas

0
136
7 Langkah Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Saat Masa-Masa Emas
7 Langkah Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Saat Masa-Masa Emas

Setiap orangtua tentunya memiliki harapan yang sama untuk buah hati mereka, yaitu bisa membanggakan dan berguna untuk orang lain. Namun untuk mendapatkan hal ini tentunya juga tak semudah yang dibayangkan, mengingat bagaimana Anda mengasuhnya dan juga memberikan kasih sayang akan sangat mempengaruhi buah hati. Tumbuh kembang anak sebenarnya bisa mulai dilihat bahkan semenjak mereka masih ada dalam kandungan. Namun tentunya hanya dari segi fisik saja.

Sedangkan masa-masa yang sangat menentukan perkembangan kecerdasan mereka adalah ketika sudah lahir ke dunia. Dikalangan juga sebagai golden age, atau usia emas bagi mereka karena bisa belajar dengan sangat cepat. untuk menunjang tumbuh kembang pada anak ini setidaknya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, berikut ini diantaranya :

  1. Lebih banyak menghabiskan waktu dengan mereka, pekerjaan bisa jadi penting, namun karena ini adalah masa-masa emas, nantinya siapa yang sering berada di dekat buah hati itulah yang selamanya akan tertanam dalam pikiran mereka. begitu juga jika orangtuanya jarang menghabiskan waktu dengan buah hati, tentunya mereka akan merasakan kesendirian, menganggap orangtua tak perhatian.
  2. Perhatikan perkembangan mereka, baik dari segi fisik maupun psikis nya, jangan hanya menunggu, melihat secara langsung ini sangatlah penting. Sehingga apa yang setidaknya kurang atau belum didapatkan untuk buah hati seusia mereka, nantinya bisa dipacu sedini mungkin, sehingga tak kalah dengan yang lainnya.
  3. Memberikan tantangan, tentunya anak-anak juga membutuhkan tantangan agar bisa menjadi yang terbaik. Namun tantangan yang diberikan tentunya jangan yang terlalu sulit, menyesuaikan dengan usia mereka. masa-masa golden age memang menjadi saat dimana anak senang dengan tantangan.
  4. Puji mereka secara tepat, tak hanya tantangan saja, si kecil juga senantiasa membutuhkan pujian untuk memacu semangatnya agar bisa naik kembali. Setelah sukses dalam melakukan sesuatu maka nantinya anak-anak harus mendapatkan pujian. Namun bukan berarti jika mereka gagal tak dipuji, justru inilah saat dimana pujian amat sangat dibutuhkan untuk si kecil.
  5. Ikut bermain dengan mereka, bermain adalah sarana dalam bereksplorasi, anak-anak akan menghabiskan lebih banyak waktunya untuk melakukan hal-hal ini. Sambil bermain maka orangtua bisa menyisipkan beberapa ilmu ke dalamnya. Istilahnya adalah bermain sambil belajar agar anak tak mudah jenuh.
  6. Belajar dari orangtua yang lainnya, saling sharing dengan ibu-ibu yang lain bagaimana caranya mereka mendidik buah hati sehingga bisa menjadi sukses.
  7. Ketahuilah apa yang menjadi bakat mereka kemudian mengasahnya, sehingga buah hati akan menjadi yang terbaik di bidangnya. Hal ini tak jauh berbeda dengan melihat potensi, bisa mendatangi psikolog untuk lebih mengenalnya.

Banyak cara untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, khususnya di usia-usia emas mereka.

Tinggalkan Balasan